Tips Membeli Rumah Kali Pertama dengan Memanfaatkan Aplikasi di Handphone

Tips  
Tips membeli rumah/ilustrasi (foto: pixabay.com).
Tips membeli rumah/ilustrasi (foto: pixabay.com).

Memiliki rumah adalah dambaan setiap orang, termasuk bagi kaum milenial. Namun, harga yang tidak murah untuk mendapatkan properti cukup menjadi kendala.

Harga rumah atau properti tiap tahun memang cenderung naik. Pasar properti biasanya mengikuti harga komoditas.

Lantaran harga properti yang terus meningkat seiring berjalannya waktu, properti menjadi salah satu pilihan investasi yang diminati.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut tips dari CEO-Founder Pinhome, Dayu Dara Permata, pada awal April 2022, bagi yang hendak membeli rumah pertama.

1. Lokasi sesuai kebutuhan

Banyak perjuangan yang harus dilalui saat hendak membeli properti, mulai dari memilih lokasi yang strategis, menentukan anggaran yang pas, memilih agen properti terpercaya, negosiasi harga, dan survei properti ke banyak lokasi.

Properti adalah sektor yang besar. Properti adalah sektor yang menjadi tulang punggung ekonomi. Akses kepemilikan rumah sangatlah penting, aset yang paling berharga yang dimiliki oleh seorang individu apabila memilikinya adalah properti.

Apabila seorang individu telah memiliki properti, maka aset terbesar individu tersebut adalah properti yang dimiliki. Pilih pula developer terpercaya dan tergabung dalam asosiasi untuk menghindari kecurangan.

2. Perhatikan kisaran harga

Saat ini, investasi yang dibutuhkan untuk membeli sebidang rumah, cukup bervariasi mulai dari di kisaran harga Rp 150 juta. Nominal tersebut termasuk tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Calon konsumen dapat membandingkan harga properti sejenis di lokasi yang sama berikut spesifikasinya. Maka boleh jadi ada perbedaan harga tetapi pilih yang masuk akal. Artinya tidak terlalu tinggi atau rendah dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

3. Proses transaksi

Saat ini proses transaksi properti di Indonesia dianggap masih konvensional. Namun kini untuk mempermudah akses kepemilikan properti hingga perawatan properti bisa dijalankan lewat aplikasi, misalnya Pinhome. Konsumen tidak perlu khawatir salah harga dikarenakan Pinhome telah dilengkapi dengan fitur PinValue untuk membandingkan harga pasar properti serupa.

Kemudahan lain yang didapat dengan menggunakan aplikasi Pinhome adalah pengurusan pembiayaan rumah dengan berbagai pilihan bank, dibantu oleh rekan agen Pinhome yang berpengalaman. Konsultasi dengan property consultant Pinhome hingga penjadwalan kunjungan juga menjadi lebih mudah.

4. Manfaatkan platform properti

Memanfaatkan platform atau layanan properti bisa menjadi solusi. Aplikasi Pinhome, misalnya, menjalin kemitraan dengan berbagai stakeholders seperti bank, kontraktor, notaris, serta penyedia jasa bidang properti.

Agen dan kantor properti dapat mengunduh aplikasi rekan agen Pinhome melalui Appstore di iOS atau Play Store di Android di handphone atau telepon genggam untuk mendapatkan pengalaman transaksi properti yang lebih menguntungkan.

Untuk konsumen, Pinhome menyediakan aplikasi transaksi properti satu atap mencakup panduan membeli properti, mulai dari cek anggaran ideal, cek properti, opsi pembayaran, kontak agen, kunjungan properti, estimasi harga, panduan kredit kepemilikan rumah (KPR), memulai transaksi, dokumen penting, hingga proses serah terima.

Pinhome ingin menjangkau semua lapisan masyarakat, khususnya dengan menargetkan first-time home buyer. Hal ini menjadi penting untuk konsumen dalam memilih rumah pertamanya karena Pinhome telah memfilter kebutuhan konsumen dengan berbagai pilihan.

Baca juga artikel terkait ini:

- Tips Membeli Rumah Agar Terhindar dari Developer Bermasalah

- Hal-Hal Seperti Ini Sebaiknya Dihindari Saat Hendak Membeli Rumah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image