Tips Agar Belanja Tetap Hemat di Bulan Ramadhan

Tips  
Tips agar belanja tetap hemat/ilustrasi (foto: pixabay)
Tips agar belanja tetap hemat/ilustrasi (foto: pixabay)

Belanja merupakan salah satu kegiatan yang digemari banyak orang, tak terkecuali saat bulan Ramadhan. Namun bagi sebagian orang, belanja kadang membuat lupa diri sehingga pengeluaran membengkak. Apalagi kini ada kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 11 persen.

Dengan adanya kenaikan tarif PPN, manajemen keuangan dan menjadi smart shopper merupakan hal penting dalam berbelanja. Berikut tips dari financial Planner Nadia Harsya agar belanja tetap hemat saat Ramadhan, pada pertengahan April 2022.

- Buat estimasi budget dan list kebutuhan berbelanja

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setelah membuat estimasi budget dan list kebutuhan, kemudian patuhi itu. Hanya berbelanja apa yang ada di list dan jangan sampai melewati budget yang sudah ditentukan.

- Hindari berbelanja di jam-jam atau situasi kritis

Misalnya berbelanja saat merasa lapar. Perasaan lapar kadang-kadang akan membuat seseorang menjadi sangat impulsif ketika berbelanja.

- Menjadi smart shopper

Caranya dengan membandingkan harga dan kualitas dari produk yang diinginkan. Kini, terdapat banyak sekali opsi untuk membeli barang, jadi perlu menjadi smart shopper dengan membandingkan untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga bersaing. Dengan demikian, budget akan aman dan kebutuhan juga terpenuhi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image