Baru Rilis April 2022, Ini Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Samsung Galaxy M53 5G

Gaya Hidup  
Ponsel terbaru Samsung Galaxy M53 5G (foto: ilustrasi/samsung).
Ponsel terbaru Samsung Galaxy M53 5G (foto: ilustrasi/samsung).

Produsen elektronika terkemuka asal Korea Selatan (Korsel), Samsung Electronics, meluncurkan smartphone alias ponsel terbarunya dari Galaxy seri M di Indonesia, yaitu Galaxy M53 5G, Senin, 25 April 2022. Ponsel yang menyasar kelas menengah ini tetap menjaga keunggulan kapasitas baterai besar dan fitur unggulan terbaru yaitu kamera utama 108 MP.

M series dikenal sebagai ponsel berkapasitas besar dan dijual secara eksklusif melalui platform online. Galaxy M53 5G pun menghadirkan pengalaman fitur-fitur flagship yang tak ada matinya mulai dari baterai 5000 mAh, kemudian kamera 108 MP, layar super AMOLED+ dengan refresh rate 120 Hz, serta prosesor octacore 6 nm.

Dengan segala kelebihannya, ponsel ini dibanderol seharga Rp 6.299.000. Harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pendahulunya Galaxy M52 5G pada saat pengenalan seharga Rp 5.399.000.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kelebihan:

- Baterai Besar

Galaxy M53 5G tetap menjaga kapasitas baterai yang besar untuk para penggunanya, berukuran 5000 mAh sama seperti generasi sebelumnya, yaitu Galaxy M52 5G.

- Dapur Pacu

Dari segi chipset ponsel ini ditenagai oleh chip besutan MediaTek yaitu Dimensity 900 dengan fabrikasi 6 nanometer octacore sehingga dipastikan bisa mengakses konektivitas jaringan 5G.

- Penyimpanan

Ponsel pintar ini didukung dengan RAM dan memori besar yaitu masing-masing sebesar 8 GB dan 256 GB sehingga dipastikan dapat menampung serta mengerjakan banyak hal.

- Kamera

Kamera yang berukuran besar biasanya hanya ditemukan di seri-seri premium dari Samsung. Pada Galaxy M53 5G, Samsung membawa kamera utama sebesar 108 MP yang dijanjikan memiliki performa tak kalah saing dengan kamera dari kelas atasnya. Kamera itu bersanding dengan tiga kamera lainnya yaitu kamera ultrawide 8 MP, kamera depth 2MP, dan kamera makro 2 MP.

Dari segi kamera depan, Galaxy M53 5G tetap memiliki spesifikasi yang sama dengan pendahulunya yaitu kamera swafoto berukuran 32 MP.

Menariknya selain didukung perangkat mengabadikan momen yang berspesifikasi tinggi, ponsel ini membawa fitur-fitur yang ditawarkan dari seri Galaxy A terbaru yang baru rilis untuk penyuntingan dan memaksimalkan gambar.

Sebut saja fitur nona binning yang dijanjikan bisa memaksimalkan hasil jepretan di kondisi minim cahaya saat berada di luar ruangan. Lalu ada juga mode portrait, fun mode, photo remaster, dan object eraser yang merupakan fitur-fitur terbaru yang juga hadir di Galaxy A versi 2022.

Meski demikian yang membedakan Galaxy M53 5G dan Galaxy A series 2022 terdapat pada tidak adanya sensor untuk membuat stabil gambar atau optical image stabilization (OIS).

- Layar

Memasuki spesifikasi layar, panel super AMOLED+ dengan refresh rate 120 Hz dibawa Samsung pada Galaxy M53 5G agar bisa memberikan kenyamanan mata pengguna.

ponsel ini dibanderol seharga Rp 6.299.000. Harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pendahulunya Galaxy M52 5G pada saat pengenalan seharga Rp 5.399.000.

Kekurangan:

- Charger kurang mendukung

Galaxy M53 5G tak menyertakan adaptor (charger) yang mendukung secara langsung teknologi pengisian cepat hingga 25W. Karena itu perlu membeli adaptor yang mendukung proses pengisian daya 25W atau lebih tinggi secara terpisah sebagai aksesoris tambahan.

- Ketahanan pada air dan debu

Berbeda dengan lini Galaxy A yang hadir untuk kebutuhan yang lebih menyeluruh, Galaxy M53 5G juga belum mendukung sertifikat IP67. Artinya, ponsel ini tidak mempunyai ketahanan lebih baik terhadap air maupun debu.

- Spesifikasi kamera depan tak berubah

Kamera depan yang digunakan masih berukuran 32 MP. Ukuran yang sama dengan seri pendahulunya yaitu Samsung Galaxy M52 5G. Jadi bisa dibilang tak ada angin segar dari segi kamera depan untuk selfie di seri ponsel Samsung satu ini.

- Spesifikasi layar tak berubah

Spesifikasi layar yang digunakan oleh Samsung Galaxy M53 5G ini juga kurang lebih sama saja dengan spesifikasi layar Samsung Galaxy M52 5G. Layar yang digunakan merupakan layar Super AMOLED berukuran 6,7 inchi dengan refresh rate sebesar 120 Hz. Seharusnya Samsung bisa lebih berani dengan menggunakan spesifikasi layar yang lebih tinggi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

email: caricuan.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image