Tips Sehat dari Pakar Kesehatan Bagi Pemudik Saat Sampai di Kampung Halaman

Tips  
Tips mudik Lebaran/ilustrasi (foto: republika.co.id).
Tips mudik Lebaran/ilustrasi (foto: republika.co.id).

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2022 tinggal beberapa hari lagi. Tak heran jika sudah banyak masyarakat yang memilih untuk mudik ke kampung halaman.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Tjandra Yoga Aditama, lewat pesan elektronik, Sabtu, 30 April 2022, membagikan tips sehat bagi para pemudik saat tiba di kampung halaman hingga merayakan Hari Raya Idul Fitri.

- Istirahat Dulu

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Para pemudik yang baru tiba di kampung halaman terutama sesudah berjam-jam perjalanan, disarankan beristirahat dulu sebelum melakukan kegiatan lain di kampung halaman. Jangan begitu tiba langsung jalan-jalan.

Disarankan untuk istirahat agar segar kembali dan baru beraktivitas. Walaupun sebagian orang sudah dua tahun tidak mudik, tetaplah melakukan aktivitas dengan seimbang sehingga tidak melakukan kegiatan yang membuat lelah berlebihan.

- Perhatikan Waktu Tidur

Perhatikan waktu tidur dan hindari begadang berkepanjangan dengan alasan sudah lama tidak bertemu teman dan kerabat.

- Konsumsi Obat

Bagi yang mempunyai penyakit tertentu dan harus mengonsumsi obat rutin maka ingatlah jadwal minum obat sesuai aturan dokter.

- Konsultasi Kesehatan

Bila selama di kampung halaman mengalami keluhan kesehatan maka segeralah berkonsultasi ke petugas kesehatan terdekat. Ingat, para pemudik akan menjalani arus balik yang bukan tidak mungkin akan padat dan melelahkan pula, yang membutuhkan fisik yang baik.

- Tetap Gunakan Masker

Saat Lebaran tiba, masyarakat perlu tetap menggunakan masker ketika melaksanakan Shalat Idul Fitri. Shalat memang baik kalau dilakukan di lapangan terbuka dan jika di dalam masjid akan lebih baik jendela dan pintu dibuka lebar-lebar agar ventilasi terjaga baik.

- Jangan Balas Dendam Makan

Sebaiknya tidak menjadikan Lebaran dan hari-hari sesudahnya sebagai ajang balas dendam setelah sebulan berpuasa. Sebaiknya tidak makan berlebihan karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Merujuk pada panduan Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan, maka pengaturan porsi makan yang disarankan yakni setengah piring diisi sayuran dan buah, seperempat piring berisi nasi atau sejenisnya semisal jagung, gandum dan lainnya, serta seperempat sisanya diisi dengan protein.

- Antisipasi keramaian

Bagi yang ingin berwisata sebaiknya mengantisipasi terjadinya keramaian di objek-objek wisata ataupun pusat perbelanjaan. Maka akan lebih baik kalau mungkin memilih waktu yang tidak sedang puncak-puncaknya penuh, juga tetap tetap memakai masker, rajin mencuci tangan, serta sedapat mungkin menjaga jarak di dalam kerumunan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image