Langkah-Langkah Tumbuhkan Emosi Positif Anak Saat Lebaran di Masa Pandemi

Tips  
Menumbuhkan emosi positif pada anak saat Lebaran/ilustrasi (foto: republika.co.id).
Menumbuhkan emosi positif pada anak saat Lebaran/ilustrasi (foto: republika.co.id).

Lebaran tahun 2022 ini menjadi momentum membahagiakan sekaligus kemungkinan menyisakan kekhawatiran bagi sebagian anak khususnya yang terdampak Covid-19. Rasa khawatir, bosan, takut, dan situasi tidak menyenangkan terkadang muncul akibat dampak Covid-19 yang berlangsung lama.

Bahkan ada sebagian anak bangsa ditinggalkan sebagian anggota keluarga tercinta selamanya. Tentu berpengaruh terhadap kondisi psikologis sang anak.

Karena itu, Direktur Pendidikan Genius Islamic School, Eva Nawiyah, pun pada Sabtu, 30 April 2022, memberikan tips atau langkah-langkah untuk menumbuhkan emosi positif anak di masa Lebaran yang tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Memastikan keluarga menjadi teladan

Keluarga khususnya orang tua bisa menjadi teladan dan pelopor bagi anak dalam mematuhi protokol kesehatan. Ini agar anak selalu dalam lingkungan yang sehat dan membahagiakan.

- Memastikan memberi semangat dan motivasi berpikir positif

Orang tua sebaiknya memberikan semangat dan motivasi berpikir positif agar Lebaran tahun ini membahagiakan bagi anak. Emosi negatif dapat melemahkan sistem imunitas. Studi dari Presssman dan Cohen (2005) menunjukkan, emosi positif dapat meningkatkan imunitas tubuh dan kesehatan anak.

- Menggunakan kalimat positif dalam membimbing dan mengarahkan anak

Ini bahkan berlaku bila orang tua memandang perlu melarang anak kala dia melakukan hal-hal yang tak seharusnya dilakukan di masa Lebaran. Karena sebuah penelitian ilmu saraf oleh Boston University (2018) menyatakan, kecerdasan anak ditentukan oleh cara orang tua berbicara dengan anak.

- Mendidik anak bersyukur dan menikmati Lebaran

Anak sebaiknya diajak bersyukur dan menikmati Lebaran bersama keluarga, meskipun harus tetap patuh pada protokol kesehatan.

- Membiasakan anak menunjukkan kasih sayang, hormat, dan empati

Ini agar anak terbiasa dengan nilai-nilai kebaikan sejak usia dini.

- Membiasakan anak jujur dengan emosinya

Ini agar orang tua dapat membantu mengenali dan mencari solusi yang terbaik jika anak dalam masalah. Orang tua disarankan memperhatikan perasaan atau emosi pada anak agar anak merasakan keindahan bersama keluarga di masa Lebaran.

- Membiasakan anak mengekspresikan kebahagiaan dengan cara sehat

Mengekspresikan dan meluangkan waktu dengan anak untuk berdiskusi dan berbagi perasaan dapat membantu jika anak dalam keadaan bosan atau perasaan lain yang mengganggu anak berbagi kebahagiaan di masa Lebaran.

- Menyediakan media edukatif secukupnya

Media edukatif dan disukai anak bisa membuat anak nyaman selama melangsungkan Lebaran.

- Hindarkan anak mengakses gawai secara berlebihan

Ini karena rentan membahayakan bagi kesehatan dan melemahkan literasi anak. Sebaiknya menggunakan media digital secara sehat.

- Memastikan anak mendapat istirahat secukupnya

Ini agar kondisi tubuh anak tetap fit dan sehat selama Lebaran dan seterusnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image