Edukator Finansial: Adopsi Digital Seharusnya Dibarengi Generasi Melek Keuangan

Uang  
Mengelola keuangan/ilustrasi (foto: pixabay).
Mengelola keuangan/ilustrasi (foto: pixabay).

Berdasarkan riset Nielsen belum lama ini, hanya dua dari 10 orang di Indonesia yang memiliki dana darurat. Hal ini sangat berbahaya mengingat dana darurat seharusnya menjadi sesuatu yang paling dasar dalam perencanaan keuangan.

"Ini berbahaya. Kalau terjadi sesuatu dalam hidup, misalnya kecelakaan tidak punya asuransi atau dirumahkan dari kantor, mereka enggak punya pegangan untuk menghidupi diri dan tanggungannya," ujar edukator finansial sekaligus Co-Founder Thirty Days of Luch Podcast Fellexandro Ruby, saat diskusi virtual bersama Kredivo beberapa waktu lalu.

Menurut Ruby, adopsi teknologi digital yang dewasa ini terus berkembang di Indonesia harus diikuti dengan generasi yang melek secara keuangan. Apalagi Indonesia akan mendapatkan bonus demografi pada tahun 2030.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Jangan sampai, karena tidak diikuti dengan pemahaman tentang mengatur keuangan, bukannya jadi bonus demografi, malah jadi boncos demografi," kata Ruby mengingatkan.

Ruby melanjutkan, generasi muda saat ini memiliki kecenderungan untuk memenuhi gaya hidup terlebih dahulu sebelum menabung. Saat mengalami kenaikan pendapatan, generasi ini cenderung untuk spend terlebih dahulu daripada menabung.

"Lalu, karena mereka percaya diri karena merasa masih muda, mereka buru-buru membeli lifestyle yang belum waktunya," kata Ruby menjelaskan. "Kita juga punya kebiasaan berutang."

Kembali ke riset Nielsen, hanya setengahnya dari orang-orang yang memiliki kartu kredit dengan penghasilan Rp 10 juta, membayar (tagihan) secara full. "Sisanya, mereka hanya bayar di angka minimal," ucap Ruby.

Oleh karena itu, Ruby menegaskan, pentingnya generasi muda saat ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan. Apalagi, saat ini, akses untuk mendapatkan pengetahuan tersebut menjadi sangat mudah berkat adanya teknologi digital.

"Kalau generasi muda paham tentang pemanfaatan produk pinjaman, investasi, dan berbagai jenis layanan keuangan lain sejak dini, mereka bisa membangun kebiasaan perencanaan keuangan yang matang di tengah kemajuan industri keuangan digital," tegas Ruby.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image