Calon Bos Twitter Elon Musk Ternyata Punya 70 Persen Followers Palsu

Medsos  
Sebuah penelitian mengungkapkan lebih dari 70 persen followersTwitter Elon Musk tampaknya akun palsu (foto: pixabay).
Sebuah penelitian mengungkapkan lebih dari 70 persen followersTwitter Elon Musk tampaknya akun palsu (foto: pixabay).

Jangan silau dengan banyaknya jumlah followers alias pengikut di akun media sosial (medsos), termasuk di Twitter. Bagaimana tidak, calon pemilik Twitter Elon Musk saja tidak mempunyai banyak pengikut di Twitter.

Penelitian dari SparkToro dilansir Metro pada Rabu, 18 Mei 2022, mengungkapkan lebih dari 70 persen followers Elon Musk tampaknya akun palsu. Pengikut tersebut mencakup akun bot, tidak aktif, atau yang disiapkan untuk mengirim spam atau propaganda. Ini berarti dari total pengikut Musk 93 juta, sekitar 65 juta bukan orang asli.

Penelitian lain dari Followerwok juga mengungkapkan lebih dari 23,42 persen dari total 93 juta pengikut Musk kemungkinan adalah akun palsu atau spam. Musk yang juga bos Tesla menanggapi kabar ini dengan menyatakan pengikut Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden juga palsu karena menggunakan alat yang sama.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jumlah pengikut palsu Musk memang jauh di atas rata-rata, tetapi itu tidak mengejutkan. Pasalnya, berdasarkan sejumlah penelitian, akun yang lebih besar cenderung memiliki lebih banyak pengikut spam.

Selain akun Musk dan Biden, akun Twitter yang menerima banyak perhatian media dan minat publik, seperti mantan Presiden AS Donald Trump juga cenderung menarik lebih banyak pengikut palsu daripada asli.

Di sisi lain, Musk menyatakan tidak akan melanjutkan tawaran pembelian Twitter senilai 44 miliar dolar AS sampai perusahaan menunjukkan bukti bot spam memang menyumbang kurang dari lima persen dari total pengguna.

Musk lantas melontarkan pertanyaan kepada publik dengan meluncurkan jajak pendapat apakah setuju dengan klaim Twitter bahwa lebih dari 95 persen penggunanya adalah orang asli. Karena itu, ia mengumumkan penundaan kesepakatannya untuk membeli Twitter karena belum mengetahui detail jumlah spam dan akun palsu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

email: caricuan.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image