Modul Literasi Keuangan untuk UMKM Diluncurkan Tokopedia

Bisnis  
UMKM perlu literasi keuangan/ilustrasi (foto: pixabay).
UMKM perlu literasi keuangan/ilustrasi (foto: pixabay).

Marketplace Tokopedia bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Modul Literasi Keuangan untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Langkah ini dilakukan agar dapat meningkatkan literasi keuangan IMKM demi memulihkan ekonomi nasional.

"Modul Literasi Keuangan ini merupakan materi pembelajaran yang dapat digunakan UMKM untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan dan meningkatkan pemahaman pengelolaan keuangan, serta bertransformasi dalam pembayaran dan transaksi digital," ujar Vice Chairman & Co-founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison saat virtual media briefing, Senin, 23 Mei 2022.

Leon menambahkan, Modul Literasi Keuangan akan menjadi bagian dari Kelas Maju Digital yang merupakan rangkaian pelatihan yang diselenggarakan Tokopedia di berbagai daerah. Modul tersebut, lanjut dia, dapat dijadikan panduan oleh lebih dari 12 juta penjual Tokopedia yang hampir seluruhnya adalah UMKM lokal.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Serta, tentu saja, untuk pelaku UMKM lokal lainnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya yang ingin belajar berbisnis sekaligus mengembangkan usahanya lewat pemanfaatan teknologi digital, mulai dari cara mengelola keuangan sampai panduan memilih investasi yang tepat," jelas Leon.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni menambahkan, Modul Literasi Keuangan tersebut juga diluncurkan sebagai upaya mengurangi kesenjangan antara inklusi keuangan dan literasi keuangan.

Berdasarkan data OJK tahun 2019, literasi keuangan masyarakat Indonesia berada di angka 38,03 persen, sedangkan inklusi keuangan mencapai 76,9 persen. "Artinya, masih banyak masyarakat yang belum mampu mengelola keuangan, belum memahami karakteristik produk keuangan yang mereka gunakan. Jadi kebanyakan mereka sudah pakai, tapi belum tahu apa yang bisa mereka optimalkan dari produk keuangan tersebut, khususnya untuk UMKM dalam mengembangkan bisnisnya," kata Astri.

Astri melanjutkan, ada empat modul yang diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan setiap pelaku UMKM yang berbeda-beda. Pertama, yaitu mengenai Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Sederhana bagi UMKM. Kedua, Cara Memperoleh dan Mengelola Modal Usaha dan Trik Memastikan Modal Usaha Aman.

Ketiga, Metode Pembayaran dan Transaksi Online serta Cara Menghitung dan Melaporkan Pajak. Keempat, Memulai Investasi Aman dan Menguntungkan, Investasi Emas, dan Investasi Reksadana. "Keempat modul tersebut dapat diakses secara gratis dan mudah melalui website seller Tokopedia," jelas Astri.

Anggota Dewan Komisioner OJK Tirta Segara menyambut baik peluncuran Modul Literasi Keuangan Tokopedia. Ia meyakini upaya tersebut tidak hanya bermanfaat bagi pelaku UMKM, tapi juga bagi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat berkontribusi dalam memulihkan ekonomi negeri.

"Kita berharap ini dapat menjadi salah satu tonggak penanda peningkatan ketahanan UMKM Indonesia dengan disertai harapan bahwa pelatihan dan perluasan akses pemasaran UMKM ini dapat terus berjalan menjadi basis kurikulum pembelajaran berjenjang di Tokopedia," jelas Tirta.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image