Tips Bagi Pemula Saat Menambang Kripto untuk Jadi Instrumen Investasi

Tips  
Menambang kripto untuk pemula/ilustrasi (foto: pixabay).
Menambang kripto untuk pemula/ilustrasi (foto: pixabay).

Aset kripto telah menjadi salah satu instrumen investasi paling populer bagi kalangan anak muda dunia, termasuk Indonesia. Dalam dunia kripto, mining atau kegiatan menambang kripto, serta miners atau berarti penambang kripto, merupakan dua unsur yang sangat penting.

Mining merupakan proses pembuatan koin baru dan juga proses melakukan validasi transaksi kripto.

Saat proses transaksi berhasil, pemilik alat mining akan mendapat komisi karena alatnya telah digunakan sebagai alat validasi transaksi. Dalam teknologi blockchain, butuh sebuah validator untuk melakukan validasi transaksi. Contohnya bank sebagai validator saat mengirim uang dan ada biaya transkasi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Para penambang akan bekerja melakukan penyelesaian kode (puzzle) untuk membentuk satu block. Nantinya miners atau penambang yang berhasil membentuk blok akan mendapat upah berupa koin sebagai biaya transaksi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penampang kripto pemula seperti yang dikemukakan oleh Direktur All Time Mining, Christopher Vittorio Simon dan Chief Technical Officer All Time Mining Herry Pieter kepada media, Jumat, 17 Juni 2022.

All Time Mining merupakan sebuah wadah atau komunitas bagi para penambang kripto yang sudah ada sejak awal 2022. Selain Christoper Vittorio Simon dan Herry Pieter, komunitas itu juga diisi nama-nama miners kawakan lain seperti Prathama Nugraha Tjoeng sebagai komisaris dan CMO All Time Mining, Keith $lime.

- Alat menambang atau mining rig

Dalam kegiatan menambang kripto, alat menambang atau mining rig menjadi faktor penting. Mining rig merupakan seperangkat komputer yang disusun untuk memudahkan dan meningkatkan performa komputer saat proses menambang kripto.

Dalam memilih mining rig, salah satunya spesifikasi GPU (Graphics Processing Unit) atau perangkat komputer yang berfungsi menerjemahkan tampilan ke layar monitor. GPU ini paling memengaruhi kecepatan dan konsumsi daya listrik watt. VGA juga akan sangat berpengaruh ke break even-point atau titik keseimbangan hasil dari pendapatan dan modal yang dikeluarkan.

- Lokasi menambang atau mining site

Lokasi menambang atau mining site sebaiknya memiliki aliran udara yang baik. Itu dilakukan karena suhu ruangan mining site harus dijaga untuk ketahanan mesin. Untuk ukuran ruangan tidak perlu terlalu besar, tapi lebih menyesuaikan berapa banyak rig yang ada. Kelembapan juga sangat berpengaruh, jadi tidak perlu memakai pendingin ruangan alias AC.

- Mendapatkan waktu yang tepat

Saat ini kripto ada dalam kondisi extreme fear terutama bagi retail market. Belum lagi harga beberapa koin kripto yang sedang turun.

Hanya saja waktu-waktu seperti ini merupakan waktu yang sangat baik untuk para penambang. Sebab meski profit saat bear market akan lebih kecil dari biasanya, tetapi tetap memiliki potential outcome yang besar bahkan melebihi saat bull market.

- Melakukan riset

Ada hal yang boleh dilakukan dan sebaiknya tidak dilakukan para penambang kripto saat ini. Penambang baru harus selalu melakukan riset pribadi karena setiap investasi memiliki risikonya sendiri.

Sementara hal yang sebaiknya tidak dilakukan adalah menjual koin yang didapat setiap bulan. Alih-alih menjual koin setiap bulan saat harga sedang rendah, sebaiknya ditahan dan dijual saat harga sedang tinggi.

Baca juga artikel terkait ini:

- Pasokan Aset Kripto Terpopuler Bitcoin dan Ethereum Berkurang, Bisa Jadi Kabar Positif

- Cara Daftar di Indodax untuk Pemula yang Ingin Trading Aset Kripto

- Mata Uang Kripto Kian Digandrungi Kawula Muda, Pembelian Naik Lebih dari 100 Persen

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

email: caricuan.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image