WhatsApp Kembangkan Fitur Baru Agar Penggunanya Bisa Sembunyikan Status Online

Medsos  
WhatsApp sedang mengembangkan fitur untuk menyembunyikan status online dari orang-orang lain yang tak diinginkan untuk melihat statusnya. (foto: pixabay).
WhatsApp sedang mengembangkan fitur untuk menyembunyikan status online dari orang-orang lain yang tak diinginkan untuk melihat statusnya. (foto: pixabay).

Platform media sosial (medsos) perpesanan WhatsApp (WA) sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan status onlinenya. Selama ini, fitur yang sudah ada untuk pengguna adalah membisukan status pengguna lainnya yang memang tak ingin dilihat.

Memang cukup mengejutkan WhatsApo membutuhkan waktu lama untuk mulai mengerjakan fitur privasi dasar seperti itu. Tetapi sekarang setelah akhirnya tersedia, itu adalah sesuatu yang pasti akan dihargai oleh banyak pengguna.

Tentu, ini merupakan kabar yang menggembirakan bagi pengguna WhatsApp yang sudah sejak lama ingin menyembunyikan status online-nya lantaran beberapa alasan, seperti tidak ingin terlihat online karena takut dichat atasan dan diorder macam-macam, ada yang lagi sibuk dan malas saja harus membalas chat, serta mungkin masih banyak alasan lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Fitur baru ini nantinya akan membagikan tangkapan layar pengatur privasi baru yang memungkinkan seseorang atau pengguna guna memutuskan siapa yang bisa melihatnya ketika menggunakan aplikasi.

Pengguna akan bisa menyembunyikan status online-nya lewat opsi 'Last Seen & Online' yang ada di pengaturan privasi. WhatsApp menyediakan dua opsi baru, yaitu 'Everyone' dan 'Same as Last Seen'.

Jika memilih opsi 'My Contacts' untuk Last Seen dan memilih opsi 'Same as Last Seen' untuk siapa yang bisa melihat status online, maka orang yang tidak ada di daftar kontak tidak akan bisa melihat apakah si pengguna sedang online atau tidak.

Dikutip dari Engadget, Minggu, 3 Juli 2022, fitur ini akan melengkapi notifikasi terbaru yang diperkenalkan WhatsApp ke fungsionalitas 'Last Seen' pada aplikasi.

Setelah peluncuran beta pada April 2022, platform medsos ini merilis pembaruan yang menambahkan pengaturan 'My Contacts Expect' sehingga memungkinkan kontrol yang lebih terperinci atas siapa yang dapat melihat dan mengetahui kapan si pengguna terakhir kali memeriksa aplikasi.

Masalah dengan status 'Last Seen' di WhatsApp adalah bahwa hal itu memberi jalan untuk mengetahui apakah pengguna telah melihat pesan, bahkan jika si pengguna mematikan tanda terima telah dibaca. Nantinya, fitur status online yang baru akan memungkinkan pengguna membatasi orang yang sama yang tidak diinginkan untuk melihat status 'Last Seen'.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image