Tips Gampang Cepat Dapat Kerja Buat yang Baru Lulus (Fresh Graduate)

Tips  
Cara gampang cepat dapat kerja (foto: pixabay).
Cara gampang cepat dapat kerja (foto: pixabay).

Selepas dari bangku sekolah dan bangku kuliah, para lulusan baru atau fresh graduate umumnya akan mencari pekerjaan. Namun tak sedikit lulusan baru merasa kesulitan untuk melakukan hal tersebut.

Untuk menaklukkan tantangan sebagai lulusan baru, pakar Human Resource (HR), Triaji Lahardi, lewat siaran media pertengahan Juli 2022 membagikan empat tips sukses mendapat pekerjaan.

1. Persiapkan diri secara matang dan sedini mungkin

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lulusan baru sebaiknya menyiapkan diri secara matang sejak jauh-jauh hari. Mencari pekerjaan bisa dilakukan sebelum lulus sekolah atau kuliah. Sejak di bangku sekolah dan kuliah pun para pelajar sudah bisa bekerja atau magang.

Membuat Curriculum Vitae (CV) juga perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari. Karena CV yang baik perlu mencantumkan kualifikasi utama yang singkat namun membedakan lulusan baru tersebut dengan lulusan baru lainnya.

2. Jangan asal memilih pekerjaan

Tidak bisa dimungkiri, sebagian lulusan baru berkeinginan untuk segera memiliki gaji sendiri setelah lulus. Sehingga ketika memperoleh informasi terkait lowongan kerja, lulusan baru tersebut langsung saja mendaftar tanpa melihat kemampuan diri maupun bidang kerja yang sedang dilamar.

Sebisa mungkin lulusan baru bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan dirinya. Karena pekerjaan pertama yang diambil para lulusan baru nantinya akan menentukan karier di masa mendatang.

Pilihlah pekerjaan dengan cara mengukur diri sendiri. Misalnya dengan cara mencocokkan apa kompetensi yang dimiliki, apa bidang yang disukai, dan apa yang nantinya akan dikerjakan.

Jika memang belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai bidang karena kompetisi mencari kerja begitu ketat, lulusan baru sebaiknya tetap berusaha mempelajari bidang kerja barunya saat ini, namun jangan sampai melupakan passion yang diinginkan. Karena bisa jadi rezeki berupa kesempatan yang tepat akan datang di masa depan.

3. Kuasai public speaking dan terus beradaptasi

Bidang pekerjaan boleh jadi bermacam-macam. Akan tetapi di manapun seseorang bekerja, pasti akan berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi atau public speaking dan kemampuan beradaptasi menjadi sangat penting.

Lulusan baru juga perlu menguasai dua hal ini karena perlu menunjukkan kemampuan dirinya kepada pihak yang mewawancarai kerja. Sehingga dapat membedakan lulusan baru tersebut dengan lulusan baru lainnya.

Jadilah aktif dan antusias saat diwawancara, tunjukkan kegiatan dan keahlian selama bersekolah, serta berkuliah agar bisa meyakinkan pewawancara si pelamar sebagai kandidat yang tepat untuk perusahaan.

4. Ambil pelajaran dari setiap penolakan

Walaupun sudah berusaha untuk menampilkan yang terbaik dalam proses melamar kerja dan wawancara, tak jarang lulusan baru masih menghadapi penolakan dari perusahaan. Karena itu lulusan baru harus pantang menyerah dalam menghadapi penolakan.

Penolakan juga bisa menjadi kesempatan lulusan baru untuk belajar. Misalnya, memahami apa yang kurang dari CV, dari proses wawancara, dan bagaimana kondisi pesaing di bidang tersebut.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image