Agar tak Salah Perhitungan, Ini Dua Trik Atur Cash Flow Keuangan

Tips  
Cara mengatur keuangan agar tak salah perhitungan (foto: pixabay).
Cara mengatur keuangan agar tak salah perhitungan (foto: pixabay).

Uang sebenarnya bisa dibilang bersifat amat personal karena itu yang harus diatur adalah diri sendiri. Bila memiliki self control yang bagus, biasanya control management keuangannya juga bagus.

Certified Financial Planner, Aliyah Natasya, pada Selasa, 19 Juli 2022, membagikan dua tips agar siapa saja dapat lebih mengatur keuangannya dengan lebih baik. Berikut dua tipsnya.

- Mendahulukan menabung saat mendapat pemasukan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jangan terbuai misalnya pandemi mau berakhir, boleh berleha-leha. Kita harus tetap punya dana yang ditabung. Jadi berapa pun dana yang masuk, 10 persen sudah dimasukkan ke tabungan.

Umumnya orang mengeluarkan uang sesuai kebutuhan terlebih dulu. Setelah itu, baru akan menabung sisa uangnya setelah memenuhi seluruh kebutuhan bulanan. Namun, menabung terlebih dulu adalah hal penting yang harus dilakukan.

Sebab jika sudah menabung, kebutuhan bulanan pun secara otomatis akan mengikuti sisa keuangan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Kenapa harus ada yang ditabung terlebih dulu? Karena manusia pada dasarnya akan survive dengan berapapun yang dimiliki. Akan cukup. Jadi kalau shopping dulu baru menabung, itu terbalik. Memang harus save first, spend later.

- Perhatikan ini jika memiliki cicilan

Sebaiknya tidak memiliki tagihan lebih dari 30 persen dari jumlah pendapatan masing-masing. Sebab jika lebih dari itu, maka dana untuk memenuhi kebutuhan lain pun akan terganggu.

Sebanyak 90 persennya bisa disesuaikan untuk kebutuhan masing-masing. Kalau memang kebutuhan utama 50 persen, 30 persen sudah untuk cicilan. Cicilan apa saja. Batasi memiliki cicilan utang lebih dari 30 persen. Kenapa? Karena kalau lebih akan menyeret-nyeret ke kebutuhan yang lain.

Cuma yang kadang kita lupakan adalah jika dikasih limit, limit itu adalah milik kita seutuhnya. Jadi kadang mungkin kita bisa melihat, misal dikasih limit Rp 20 juta, sedangkan gaji kita hanya Rp 6 juta. Nah hal-hal seperti ini yang sebaiknya kita waspadai.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image