PayPal Diblokir Pemerintah, tak Perlu Panik Ini Solusinya

Uang  
Solusi saat PayPal diblokir pemerintah (foto: pixabay).
Solusi saat PayPal diblokir pemerintah (foto: pixabay).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI memastikan bakal memberikan sanksi bagi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang tidak mendaftar hingga batas waktu 20 Juli 2022. Sanksi dilakukan secara bertahap, mulai dari teguran tertulis, denda administratif, hingga pemutusan akses atau pemblokiran.

Hingga Ahad, 31 Juli 2022, sudah ada 9.039 PSE yang didaftarkan oleh 5.453 perusahaan. Namun, 63 PSE yang disuspen karena datanya tidak valid dan tidak mengisi dengan benar. Sementara untuk pemblokiran masih ada tujuh yakni Steam, Dota 2, Counter Strike, Yahoo, Epic Games, Origin, serta PayPal.

Pemblokiran PayPal tentu amat mengejutkan bagi pencari cuan di dunia online. Bagaimana tidak, PayPal bisa disebut sebagai sistem layanan pembayaran online atau keuangan digital paling populer di seluruh dunia dan sudah ada sejak lama, yakni sejak 1998 silam. Bisa dibilang sebagai yang paling senior dari sistem pembayaran online yang ada pada saat ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lantas bagaimana solusi bagi pengguna yang sudah telanjur punya saldo di PayPal dan belum sempat dicairkan?

Untunglah, Kemenkominfo membuka sementara platform Paypal yang sebelumnya diblokir karena belum melakukan pendaftaran PSE.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan, pembukaan sementara PayPal dilakukan didasarkan permintaan masyarakat yang uangnya masih berada di PayPal.

"Mendengar masukan masyarakat, PayPal yang banyak digunakan masyarakat, kami sudah membuka sementara per pukul 8 pagi, mungkin sekarang sudah bisa diakses kembali paling lambat pukul 10. Kami harapkan ini kami buka untuk memberi kesempatan masyarakat melakukan migrasi," kata Semuel dalam keterangan resminya melalui pertemuan virtual, Ahad, 31 Juli 2022.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image