Cara Gunakan WhatsApp di Laptop atau PC tanpa Pakai Ponsel

Tips  
Menggunakan WA kini bisa di laptop atau PC tanpa pakai ponsel (foto: pixabay).
Menggunakan WA kini bisa di laptop atau PC tanpa pakai ponsel (foto: pixabay).

Aplikasi WhatsApp (WA) masih bisa diakses tanpa menggunakan ponsel cerdas (smart phone) untuk mengirim pesan kepada seseorang. Hanya beberapa bulan yang lalu, platform ini merilis fitur multi-perangkat yang memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp tanpa ponsel cerdas.

Dikutip dari India Today, Selasa, 2 Agustus 2022, fitur ini tersedia untuk versi WhatsApp Web dan desktop. Sekarang pengguna memiliki opsi untuk memakai aplikasi perpesanan ini hingga empat perangkat yang terhubung secara bersamaan, tanpa mengharuskan mengaktifkan ponsel. Ini pada dasarnya berarti bahwa meskipun ponsel dimatikan, pengguna akan dapat mengakses WhatsApp di versi web atau laptop atau desktop.

Namun demikian, pengguna mungkin mengalami beberapa masalah sinkronisasi dalam beberapa situasi dan hal ini sedang diperbaiki oleh pengembang WhatsApp di perangkat yang terhubung. Akan tetapi, perangkat yang terhubung akan keluar dengan sendirinya jika pengguna tak memakai ponsel selama lebih dari 14 hari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Cara Gunakan WhatsApp di Laptop atau PC tanpa Ponsel:

- Ketik WhatsApp Web di browser bagi yang tidak ingin mengunduh aplikasi versi desktop.

- Pengguna akan mendapatkan tautan WhatsApp Web di bagian atas, cukup klik di atasnya dan kode QR akan muncul.

- Pengguna perlu memindai kode QR ini dari ponsel cerdas dengan membuka WhatsApp di ponsel lalu klik > Menu Pengaturan > Perangkat Tertaut > Perangkat Tautan.

Catatan: Ingatlah ini memerlukan ponsel cerdas saat pertama kali mencoba masuk ke WhatsApp di perangkat lain seperti laptop atau PC. Setelah berhasil login, pengguna tidak perlu lagi menggunakan ponsel untuk mengakses WhatsApp di PC atau laptop.

- Pengguna sekarang akan melihat "Pindai Kode QR" tertulis di bagian atas layar WhatsApp. Jadi, sekarang hanya perlu meletakkan ponsel di layar laptop dan memindai kode QR.

Proses pemindaiannya mirip dengan cara melakukan pembayaran online di toko offline misalnya untuk pembayaran Google Pay. Setelah proses pemindaian berhasil, pengguna dapat menggunakan WhatsApp di laptop atau PC tanpa ponsel.

Fitur yang tak Didukung jika Menggunakan WhatsApp di Laptop atau PC:

- WhatsApp menyatakan, pengguna tak akan dapat menghapus obrolan di perangkat yang terhubung jika perangkat utama adalah iPhone.

- Pengguna juga akan sulit untuk mengirim pesan atau menelepon seseorang yang menggunakan versi WhatsApp yang sangat lama di ponsel.

- WhatsApp juga tidak akan menunjukkan kepada pengguna lokasi langsung di perangkat yang ditautkan.

- Tidak mungkin membuat dan melihat status atau daftar siaran pada perangkat yang ditautkan.

- Terakhir, mengirim pesan dengan pratinjau tautan dari WhatsApp Web juga tidak didukung.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image