Kapan Waktu Terbaik Investasi Emas?

Uang  
Waktu terbaik investasi emas (foto: pixabay).
Waktu terbaik investasi emas (foto: pixabay).

Emas sampai saat ini masih dikategorikan sebagai aset safe haven. Aset safe haven adalah instrumen investasi yang nilainya diharapkan bisa bertahan bahkan meningkat ketika terjadi ketidakpastian atau krisis ekonomi.

Aset jenis ini juga diklaim tidak berkaitan atau memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lain ketika terjadi gejolak. Selain emas, ada beberapa aset yang juga tergolong safe haven, seperti deposito, obligasi negara, dan mata uang asing.

Seperti dikutip dari Instagram @ngomonginuang, Selasa, 9 Agustus 2022, emas atau logam mulia memang merupakan investasi yang praktis dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Lantaran tergolong safe haven, akhirnya emas banyak dicari investor untuk menghindari kerugian ketika terjadi krisis keuangan. Itu sebabnya harga emas justru melonjak tinggi saat ekonomi dunia diliputi ketidakpastian.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebagai contoh, ada tiga momen di mana dunia sedang dalam ketidakpastian ekonomi yang kemudian mempengaruhi pergerakan harga emas. Yakni krisis ekonomi global 2008, pandemi Covid-19 2020, dan konflik Rusia-Ukraina 2022.

Harga emas pun selalu melambung tinggi ketika perekonomian dunia sedang bergejolak. Berarti di saat terjadi krisis ekonomi sebaiknya apakah harus membeli emas? Jawabannya tidak.

Yang perlu diperhatikan aktivitas ekonomi itu selayaknya pasang surut air laut. Dari semua itu, bisa belajar bahwa akan ada masanya kondisi baik dan buruk akan berakhir dan memasuki siklus barunya.

Maka dari itu, banyak pepatah yang bilang bahwa kalau seseorang tak berubah, maka ia tak akan pernah tumbuh. Sebab, dunia saja selalu berubah tanpa ditunggu.

Nah, soal emas. Setelah krisis mereda dan ekonomi mulai bangkit, banyak investor dan pelaku pasar yang menggelontorkan uang mereka ke sektor riil dan berpotensi melepas sebagian porsi aset safe haven mereka, seperti emas.

Di kondisi ini, harga emas cenderung akan turun. Justru saat itulah sebenarnya momen terbaik untuk mulai investasi emas.

Setelah krisis berakhir dan perekonomian baik-baik saja, harga emas justru cenderung turun dan stagnan. Harga emas tahun 2013 ke tahun 2017 bisa dibilang cukup stabil, antara Rp 450 ribu hingga Rp 520 ribu per gram. Ini karena kondisi ekonomi global yang baik-baik saja. Padahal sejak 2008, harga emas selalu mengalami kenaikan.

Justru sebenarnya saat ekonomi dunia sedang baik-baik saja, malah jadi waktu terbaik untuk membeli atau investasi emas.

Betul memang, secara jangka panjang harga emas memang selalu mengalami kenaikan. Tapi dengan perhitungan matang dan membeli di harga yang lebih murah serta momentum yang tepat, investasi emas justru akan lebih cepat bertumbuh.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

email: caricuan.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image