Pertamina Gelar Pelatihan Ecoprint untuk Siswa/i Difabel

Bisnis  
Siswa/i Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 4 Jakarta mengikuti pelatihan keterampilan Batik Ecoprint, pada 16-17 September 2022. (Foto: www.bumn.go.id)
Siswa/i Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 4 Jakarta mengikuti pelatihan keterampilan Batik Ecoprint, pada 16-17 September 2022. (Foto: www.bumn.go.id)

JAKARTA: PT Pertamina Lubricants (PTPL) berkolaborasi dengan PT Pertamina Retail (PTPR), melalui program Pertamina Sahabat Difabel memberikan pelatihan peningkatan keterampilan Batik Ecoprint kepada siswa/i Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 4 Jakarta pada 16 - 17 September 2022.

Peserta pelatihan berjumlah 10 siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tuna Rungu dan 5 guru pendamping. Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 4 Jakarta yang berlokasi di Kelurahan Tugu Selatan merupakan salah satu sekolah yang dekat dengan salah satu pabrik pelumas PTPL Production Unit Jakarta (PUJ).

Saat ini, tren gaya hidup atau bisnis yang ramah lingkungan semakin disukai oleh masyarakat dan terus menunjukkan pertumbuhan yang besar di berbagai sektor usaha seperti pakaian dan peralatan rumah tangga. Khususnya untuk tren fashion, ecoprint bisa menjadi pilihan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ecoprint merupakan teknik atau sistem menjiplak dedaunan dan kemudian merebusnya, seperti proses pembuatan batik sehingga menghasilkan warna yang alami dan otentik. Motif yang dihasilkan lebih kontemporer dibandingkan batik yang digambar ataupun dicetak dengan motif batik yang klasik.

Dalam pelatihan ini, ecoprint dipilih sebagai keterampilan yang diajarkan karena ragam produk yang dihasilkan variatif dan berbasis bahan natural.

Mewakili Manager PUJ, Himawan Triyarso, menyampaikan bahwa program Pertamina Sahabat Difabel merupakan komitmen dari Pertamina untuk terlibat aktif di dalam pemberdayaan kemampuan teman difabel untuk dapat maju dan mandiri secara inovatif.

"Pertamina berkomitmen untuk memberikan ruang dan peluang bagi teman difabel untuk terus berkarya dan menambah keterampilan baru," lanjut nya.

Kepala SLB Negeri 4 Jakarta, Sukimin, menyambut baik upaya dari Pertamina dalam mengembangkan keterampilan anak didiknya. Ia pun berharap program Pertamina Sahabat Difabel ini dapat membantu siswa/i mempersiapkan diri setelah lulus nanti. "Kami sangat mengapresiasi kepedulian Pertamina dalam pengembangan keterampilan siswa-siswi kami," lanjutnya.

Pelatihan Ecoprint di SLB Negeri 4 Jakarta ini mengundang instruktur Tati Leliana Purba. Sebagai seorang pengajar di SLB Negeri 6 Jakarta sekaligus penerima Ibukota Awards Tahun 2019.

Leli menyampaikan keterbatasan anak-anak SLB dalam mendengar dan berbicara tidak menghalangi mereka untuk menghasilkan karya kreatif dan bernilai jual tinggi.

Program Pertamina Sahabat Difabel selaras dengan komitmen ESG (Environment, Social, Governance) yang dijalankan oleh Pertamina sebagai upaya mendukung terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Dukungan ini khususnya pada poin 4 Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

email: caricuan.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image