PT DPM Bagikan Paket Bingkisan kepada Anak-Anak Asuh Panti Sosial Dairi

Bisnis  

DAIRI: Dairi adalah Kabupaten yang kaya akan potensi sumber daya alam Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Indonesia. Mulai dari potensi agro industri, objek wisata, hingga potensi cadangan mineral. Untuk itu generasi mudanya perlu terus dibina, agar potensi sumber daya alam tersebut dapat dikelola sebaik mungkin untuk kemakmuran masyarakat Dairi di masa depan.

Sadar akan potensi besar tersebut, PT. Dairi Prima Mineral (PT DPM) yang saat ini tengah dalam tahap persiapan menuju produksi tambang mineral zinc (seng) dan timah hitam (timbal), terus menunjukkan komitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas generasi muda Dairi yang unggul. Salah satu komitmen tersebut ditunjukkan dalam bentuk kegiatan Bakti Sosial yang bertajuk "Cinta Kasih Menggerakkan Persaudaraan", pada hari Jumat, 18 November 2022, di UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut).

Manajemen PT DPM memberikan paket bingkisan kepada perwakilan anak asuh UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut). (ISTIMEWA)
Manajemen PT DPM memberikan paket bingkisan kepada perwakilan anak asuh UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut). (ISTIMEWA)

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 15 karyawan PT DPM, bersama sekitar 60 anak asuh yang terdiri dari siswa SMP, dan SMA/SMK Pada kegiatan rangkaian pra-Natal 2022 tersebut PT. DPM memberikan bingkisan berupa alat tulis dan sarana penunjang kegiatan belajar lainnya untuk semua anak asuh.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sambutan Pimpinan

Mr Zhang Hongwen, Finance PT DPM, menyampaikan ucapan terima kasih kepada panti asuhan dan anak–anak yang telah diberi kesempatan menggelar acara Pra-Natal DPM di UPT Pelayanan Sosial Anak, Sidikalang. Dalam kesempatan tersebut, Zhang memberikan semangat kepada peserta acara agar terus semangat belajar, karena setiap anak memiliki potensi yang besar untuk sukses terlepas dari apapun latar belakangnya.

Manajemen PT DPM di UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut). (ISTIMEWA)
Manajemen PT DPM di UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut). (ISTIMEWA)

Mr. Zhang juga menyampaikan bahwa PT DPM memiliki program beasiswa D3 Teknik ke perguruan tinggi di Tiongkok (baca: China). “Kalian adalah pilar bangsa dan negara. Untuk itu, belajar adalah hal nomor satu. Kita tidak bisa memilih lahir dimana dan keluarga apa. Tapi kita bisa merubah kehidupan kita kelak, asal mau belajar sungguh-sungguh, bahkan kemungkinan ke China. Dan yang penting, jangan lupa berolah raga,” sebut Zhang, dalam kata sambutannya dalam bahasa Mandarin yang kemudian diterjemahkan.

Sejak 2019 hingga November 2022, PT. DPM sudah memberangkatkan setidaknya 20 anak dari Kecamatan Silima Pungga-Pungga yang notabene masuk ke dalam area prioritas pertambangan. Alumni dari program beasiswa ini nantinya berkesempatan lebih besar untuk bergabung bersama PT. DPM.

General Manager DPM, Hendrea Kurniawan, memberikan pemaparan tugasnya di PT DPM. Menurutnya, tugas dirinya adalah merekrut karyawan untuk bekerja di perusahaan. Tugas lain seperti memberikan kesempatan beasiswa kepada anak–anak yang berada di lingkungan perusahaan. “Saat ini, ada puluhan anak yang sudah diberi bea siswa oleh DPM ke China, dan mereka sebelum berangkat harus belajar bahasa Mandarin. Ada juga yang sudah lulus kuliah dari Politeknik di China,” papar Hendra, sembari menyampaikan investasi PT DPM yang melibatkan dua negara, Indonesia dan China.

GM HRD PT DPM, Hendra Kurniawan, saat memberikan santunan kepada anak binaan UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut). (ISTIMEWA)
GM HRD PT DPM, Hendra Kurniawan, saat memberikan santunan kepada anak binaan UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut). (ISTIMEWA)

Hendra melanjutkan, saat ini, PT DPM segera beroperasi dengan kegiatan membangun infrastruktur, kemudian pada Juni 2023 memasuki tahap kontruksi dan pada Juni 2025, sudah memasuki tahap produksi. “Ketika memasuki tahap produksi, PT DPM akan melakukan rekrutmen tenaga kerja secara besar – besaran, apakah adek – adek siap belajar maksimal agar bisa bekerja di DPM kelak?” ajak Hendra memberi asa kepada anak binaan dan disambut yel – yel.

Motivasi Anak Panti Sosial

Hendra juga sempat bercerita soal kehidupan pribadinya. “Saya anak yatim piatu dan di usia 5 tahun diadopsi orang. Saya tidak kenal ibu, karena saat dilahirkan ia meninggal. Tidak lama kemudian, bapak meninggal. Apakah Tuhan tidak baik bagi saya? Saya ada saat ini dan bekerja di DPM bukan karena hebat dan kuat saya, tetapi karena anugerah Tuhan yang baik dan yang penting lagi adalah giat belajar,” ujar Herndra.

GM HRD PT DPM, Hendra Kurniawan, saat memberikan motivasi kepada puluhan anak binaan UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut). (ISTIMEWA)
GM HRD PT DPM, Hendra Kurniawan, saat memberikan motivasi kepada puluhan anak binaan UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut). (ISTIMEWA)

Menurutnya, anak yatim juga bisa sukses. Dengan syarat tidak jauh dari sang pencipta, atau sering mendekat dengan Sang Pencipta. Anak-anak di UPT Pelayanan Sosial Anak juga diminta tidak minder atau rendah diri. Serta menjauhkan pikiran yang iri dengan anak lain yang hidup normal dengan keluarga lengkapnya. “Mari bergerak maju mengapai cita – cita dengan tekun belajar, dekat dengan Sang Pencipta, sebab kalian berada di Panti Asuhan adalah cara dan kebaikan Tuhan agar bisa maksimal menanfaatkan waktu untuk belajar dan belajar,” ujarnya.

Harapan Pengelola UPT Pelayanan Sosial Anak Dinas Sosial

Kepala UPT Pelayanan Sosial Anak Dinas Sosial Sidikalang – Kabanjahe, Deny Elpriansyah SH, yang diwakilkan Bapak David Manik, memberikan ucapan terima kasih kepada PT DPM yang telah berbagi kasih dengan Pra-Natal kepada anak bianaan. David Malik juga harapan agar PT DPM dapat segera beroperasi supaya bisa terus berkontribusi terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Dairi.

Anak-anak binaan UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut) menunjukkan Paket Bingkisan yang diterima dari PT DPM. (ISTIMEWA)
Anak-anak binaan UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut) menunjukkan Paket Bingkisan yang diterima dari PT DPM. (ISTIMEWA)

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Evioda Tumangger (15 tahun) dan Era Daratista (13 tahun), mewakili anak-anak asuh PSA Sidikalang. Keduanya menyatakan rasa senang dengan acara tersebut dan berterima kasih atas kehadiran PT DPM sekaligus mendoakan kelancaran kegiatan PT DPM, dan semoga segera beroperasi. Acara selanjutnya adalah pembagian bingkisan dari PT DPM kepada semua anak asuh UPT Pelayanan Sosial Anak, Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut).

Di akhir acara, mereka foto bersama dan meneriakkan slogan “DPM Untuk Negeri, Terima Kasih PT DPM”. Turut hadir dalam acara ini adalah pengasuh panti, yakni Bapak David Manik, Bapak Amirazab Lubis, dan Ibu Nora boru Siahaan. Sementara dari PT DPM, pihak yang hadir adalah GM HRD Hendra Kurniawan, Zhang Hongwen (Finance), Chen Xiaodong, Rafi, Zaki, Paulina L Tobing serta staf lainnya.

Puluhan anak binaan UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut) bersama Pimpinan dan Staf PT DPM foto bersama. (ISTIMEWA)
Puluhan anak binaan UPT Pelayanan Sosial Anak (PSA), Sidikalang, Sumatera Utara (Sumut) bersama Pimpinan dan Staf PT DPM foto bersama. (ISTIMEWA)

Konsensi Perusahaan

PT DPM yang mendapatkan konsesi tambang di Kabupaten Dairi dari Presiden Suharto pada tahun 1998, hingga saat ini belum mulai produksi karena persyaratan tahapan eksplorasi, kajian dan proses perizinan yang panjang.

Sebagai perusahaan pertambangan multinasional, PT DPM sepenuhnya mematuhi segala peraturan dan syarat yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sesuai Undang-Undang. Pada Agustus 2022, Kementerian ESDM dan Kementerian LHK telah mengeluarkan izin addendum AMDAL dan SKKL. Diharapkan setelah proses penting ini dilalui, PT. DPM sudah bisa memulai proses konstruksi inf pada tahun 2023, dan selanjutnya mulai berproduksi pada 2025 mendatang. Sehingga dapat terus berkontribusi lebih signifikan terhadap kemajuan Kabupaten Dairi, Sumut. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

email: caricuan.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image