Ramadan Insights 2023, Satukan Pelopor Pemasaran-Periklanan demi Strategi Kampanye Ramadan Sukses

Bisnis  
Shanti Tolani, Country Head & Board of Director MMA Indonesia. (foto: dok mma indonesia).
Shanti Tolani, Country Head & Board of Director MMA Indonesia. (foto: dok mma indonesia).

Setelah dua tahun digelar secara virtual, Ramadan Insights 2023, kembali digelar secara offline pada 9 Maret 2023 di Park Hyatt Jakarta mulai pukul 12.00 - 16.30 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh dua ratus peserta.

Diselenggarakan oleh MMA Global Indonesia, asosiasi marketing dan advertising terkemuka, Ramadan Insights 2023 menyatukan para pendukung industri untuk berbagi insights mengenai cara menyusun strategi Ramadan yang sukses. Presenting partner untuk acara tersebut adalah InMobi. Dan session partner lainnya yaitu Unilever, Mayora, Telkomsel, GoPlay, Paragon Corp, P&G, DMP Communications, Dentsu, Graas, Mintel, Magnus, Kantar, dan KapanLagi Youniverse.

Acara dimulai dengan keynote opening speech oleh MMA Global Indonesia Board of Director dan Managing Director EMTEK, dan CEO Vidio, Sutanto Hartono. Pada acara tersebut, ia berbagi pemikirannya bahwa MMA Ramadan Insights 2023 selalu menjadi platform yang tak ternilai bagi industri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kami memiliki para pemimpin pemikiran terkemuka yang berbagi perspektif unik mereka tentang bagaimana bisnis dan merek dapat terus berkembang di pasar yang semakin kompetitif, terutama selama fesitive season Ramadan yang dinamis. Saya yakin bahwa semua peserta memperoleh banyak pengetahuan dari acara ini dan saya menantikan lebih banyak lagi acara serupa dari MMA Global Indonesia,” ujar Sutanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 14 Maret 2023.

Menurut Sutanto, topiknya berpusat pada kerangka strategis dari kampanye yang sukses seperti tren consumer trends, compelling content, strategi e-commerce, perpaduan antara tech dan consumer behavior, pendekatan untuk non-food brand, dan perjalanan komunikasi Ramadan.

InMobi menyajikan pandangan baru mengenai komponen utama dan mendukung wawasan perusahaan melalui data. Ini membuka jalan baru bagi brand untuk dipertimbangkan seperti Lock Screen - sebagai bagian dari perangkat consumer di mana menurut studi oleh InMobi, lebih dari 30 juta orang Indonesia menghabiskan waktu 10 menit dalam sehari untuk mengonsumsi konten dan memungkinkan memiliki pengalaman unik. Data tersebut juga menunjukkan bahwa 626 juta penayangan tercatat di Lock Screen dalam 6 bulan di bidang hiburan saja.

Ramadan Insights 2023 juga mendobrak konvensi dan mengeksplorasi model non-food brand. Studi oleh P&G menekankan pada bagaimana menerjemahkan ide besar menjadi kenyataan dan bagaimana pemahaman mendalam mengenai consumer base sangat penting bagi non-food brand untuk membuat kampanye yang menonjol. Bidang fokus lain mengkaji rencana komunikasi untuk kampanye Ramadan. Riset oleh Kantar membahas mengenai nilai-nilai utama Ramadan dan menunjukkan nilai keberanian dalam melepas cara tradisional untuk mendorong afinitas yang lebih kuat di antara consumer.

Rohit Dadwal, MMA Board Member dan Managing Director APAC, MMA APAC mengatakan, MMA Ramadan Insights 2023 adalah acara yang sangat dinantikan di industri ini. Brand dan bisnis akan memperoleh keuntungan besar selama festive season, namun untuk mencapainya membutuhkan winning strategy.

Strategi itu perlu didasarkan pada narasi pertumbuhan yang dibangun berlandaskan teknologi. Marketers dan advertisers, sambung Rohit, juga perlu melakukan pendekatan proaktif dan memanfaatkan global footprint melalui strategi komunikasi yang solid.

"MMA Global Indonesia menyusun deretan pemimpin industri yang luar biasa yang menangani kerangka kerja ini dan juga memberikan keahlian dan wawasan tajam mereka tentang komponen yang membuat kampanye berhasil. Saya sangat senang dengan tanggapan dari para peserta dan saya yakin mereka menerima wawasan berharga yang mendorong pertumbuhan dan inovasi dalam kampanye Ramadan mereka,” jelas Rohit.

Country Head dan Board of Director MMA Global Indonesia, Shanti Tolani mengatakan, ruang digital terus menjadi salah satu battleground utama bagi brand dan bisnis pada festive season. Penting untuk digarisbawahi karena hal ini menawarkan peluang untuk terhubung dengan audiens dan mendorong pertumbuhan bisnisnya.

Topik yang luas dan mendalam yang dibahas pada Ramadan Insights 2023, lanjut Shanti, sangat berharga dan relevan untuk industri ini. Hal ini dapat membantu dan mengarahkan brand menonjol di industri. "Saya juga senang dengan tanggapan para peserta. Mereka memperoleh banyak hal penting yang dapat diimplementasikan dalam strategi mereka sendiri untuk kampanye Ramadan yang sedang mereka persiapkan. Kami menantikan festive season Lebaran yang meriah tahun ini."

Menurut Shanti, sebagai asosiasi, MMA Global Indonesia menyadari pentingnya pemasaran dan periklanan yang terus berkembang dengan menyediakan platform yang mendukung industri untuk memenuhi tuntutan pasar.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image