Tips Menggunakan Listrik Aman Saat Cuaca Ekstrem

Tips  
Pembangkit listrik/ilustrasi. (foto: pixabay)
Pembangkit listrik/ilustrasi. (foto: pixabay)

Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) berbagi tips menggunakan listrik secara aman dan nyaman pada cuaca ekstrem. PLN mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, khususnya terhadap instalasi kelistrikan rumah tangga pada saat hujan lebat yang disertai angin maupun banjir.

Berikut tips menggunakan listrik aman saat cuaca ekstrem dari PLN, seperti dikutip pada Kamis (18/5/2023).

- Pertama

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Segera matikan listrik melalui miniature circuit breaker (MCB) kWh meter jika air mulai membanjiri rumah atau ada kebocoran air yang mendekati aliran listrik. Air merupakan penghantar listrik.

- Kedua

Mencabut peralatan listrik dari stop kontak, kemudian memindahkan peralatan elektronik ke tempat yang aman dan tidak terjangkau air.

- Ketiga

Bila melihat potensi gangguan atau ancaman keselamatan dari jaringan listrik akibat potensi banjir atau imbas cuaca ekstrem lainnya, masyarakat dapat melaporkan serta meminta penghentian pasokan tenaga listrik sementara. Masyarakat bisa lapor melalui berbagai sarana yang disediakan, antara lain, aplikasi PLN Mobile, contact center PLN 123, atau menghubungi kantor PLN terdekat.

- Keempat

Setelah banjir surut, PLN akan menyalakan kembali aliran listrik dengan persetujuan dari perwakilan pengurus warga. Sebelumnya, PLN akan memastikan seluruh jaringan listrik di rumah-rumah warga sudah kering dan siap untuk dialiri listrik.

- Kelima

Sebagai langkah antisipatif, PLN mengimbau masyarakat yang memiliki pohon di dekat jaringan PLN agar mau merelakan untuk dipangkas sehingga meminimalisasi potensi gangguan listrik saat cuaca ekstrem.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image