Tips Cara Atasi Bayi Rewel Saat Diimunisasi

Tips  
Imunisasi pada bayi/ilustrasi. (foto: republika.co.id)
Imunisasi pada bayi/ilustrasi. (foto: republika.co.id)

Ketua Satgas (Satuan Tugas) Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Hartono Gunardi memberikan tips kepada masyarakat terkait cara mengatasi bayi yang rewel pada saat imunisasi.

"Jika ada ibu yang khawatir anaknya rewel saat imunisasi, maka bisa dicoba untuk memberi ASI sebelum disuntik," kata Hartono di acara peluncuran Rekomendasi Imunisasi Anak terbaru 2023 pada Childhood Immunization Update (CIU) 2023 di Jakarta, Senin, 29 Mei 2023.

Hartono mengatakan, terdapat studi bahwa bayi yang kenyang akan merasa lebih tenang sehingga tangisannya tidak seheboh jika belum diberikan ASI. Adapun bagi anak balita yang sudah tidak mendapat ASI, lanjut dia, dapat diberikan susu formula atau minuman yang manis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Karena juga ada studi bahwa sukrosa (gula pada minuman) juga membantu anak menjadi lebih tenang," ujar dokter yang praktik di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta tersebut.

Selain itu, Hartono menyarankan agar ibu memeluk anaknya terlebih dahulu sebelum imunisasi untuk menambah rasa aman dan tenang pada anak. Ia juga menyarankan agar para ibu tidak ragu-ragu dalam mengimunisasi anak karena meskipun terdapat efek samping, kejadiannya tidak akan membuat anak menjadi sakit parah. "Kami pernah adakan penelitian hanya satu dari seratus anak yang demam tinggi, sangat aman, tidak usah khawatir," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Pusat IDAI Piprim Basarah Yanuarso menambahkan, upaya peringanan rasa sakit saat diimunisasi juga dapat dibantu dengan penggunaan alat yang bernama shot blocker yang berfungsi untuk meringankan rasa sakit akibat jarum suntik. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mengikutkan anaknya pada program imunisasi secara rutin agar menghindari risiko terjadinya penyakit di kemudian hari.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image