Multipolar Technology Tawarkan Solusi Automasi Bisnis Perusahaan Lengkap dan Terintegrasi

Bisnis  
Section Head Cloud Integration Platform Services and Enterprise Business Multipolar Technology Andri Darmansyah, Director Enterprise Application Services Business Multipolar Technology Jip Ivan Sutanto, Department Head of Middleware Cloud Platform Solution Multipolar Technology Elen, dan Senior Software Engineer Multipolar Technology Hansen Panjaitan (dari kiri ke kanan),  menjelaskan solusi automasi bisnis perusahaan lengkap dan terintegrasi dalam seminar “Accelerate Growth and Performance with IT Automation and Integration” yang digelar Multipolar Technology di Pullman Jakarta , Kamis (25/5/2023). (foto: multipolar technology)
Section Head Cloud Integration Platform Services and Enterprise Business Multipolar Technology Andri Darmansyah, Director Enterprise Application Services Business Multipolar Technology Jip Ivan Sutanto, Department Head of Middleware Cloud Platform Solution Multipolar Technology Elen, dan Senior Software Engineer Multipolar Technology Hansen Panjaitan (dari kiri ke kanan), menjelaskan solusi automasi bisnis perusahaan lengkap dan terintegrasi dalam seminar “Accelerate Growth and Performance with IT Automation and Integration” yang digelar Multipolar Technology di Pullman Jakarta , Kamis (25/5/2023). (foto: multipolar technology)

Teknologi informasi (TI) saat ini sedang berada di bawah tekanan karena model dukungannya tidak mampu lagi memenuhi permintaan pelanggan yang semakin hari semakin besar, kompleks, dan sangat digital. Untuk itu, dibutuhkan inovasi yang lebih cepat, efisien, dan mentransformasi operasional TI yang terus berubah dengan memberikan visibilitas terhadap infrastruktur dan aplikasi yang dimiliki.

Berlatar dari itu, PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT) menawarkan solusi yang sangat lengkap dan terintegrasi dalam modul-modul teknologi automasi dan integrasi yang memberikan enterprise observability, automasi dalam operasional, dan integrasi layanan bisnis digital. Solusi ini berpotensi untuk membawa bisnis ke level yang lebih tinggi.

Dalam seminar Accelerate Growth and Performance with IT Automation and Integration di Pullman Jakarta, belum lama ini, Director Enterprise Application Services Business Multipolar Technology Jip Ivan Sutanto menyebutkan, solusi-solusi itu antara lain IBM AIOPs, IBM Robotic Process Automation (RPA), dan IBM Cloud Pak for Integration (CP4I).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Di era digital seperti saat ini, digitalisasi bisnis perusahaan sudah menjadi sebuah keharusan. Tapi, apa jadinya jika digitalisasi itu dilakukan oleh masing-masing divisi dengan tools dan keahlian yang berbeda-berbeda? Tentu saja akan menyulitkan perusahaan, terutama pada saat hendak mengambil keputusan penting," ujar Jip Ivan dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 2 Juni 2023.

Dengan AIOPs, lanjut Jip Ivan, perusahaan dapat meningkatkan performa aplikasi dan menyederhanakan pengoperasian secara bersamaan dan otomatis. AIOPs merupakan solusi berbasis Machine Learning yang membantu perusahaan mengintegrasikan aplikasi bisnis dengan nyaris tanpa gangguan.

Sementara, sambung Jip Ivan, aktivitas aplikasi bisnis yang sifatnya berulang (repetitif) dapat dikelola menggunakan solusi RPA yang mampu mengautomasi tugas berulang menggunakan robot. RPA menjamin kecepatan, kepraktisan, keakurasian data, meskipun melibatkan data dalam jumlah besar (big data). Karena didukung teknologi kecerdasan buatan, RPA juga berfungsi untuk menangkal error seperti yang lazim apabila dilakukan oleh manusia (human error)."

"Jadi, membuka e-mail dan lampirannya, masuk ke web atau aplikasi, memindahkan file dan folder, copy paste, mengisi formulir, membaca dan menulis database, mengoneksikan ke sistem Application Programming Interface (API), membuat kalkulasi, mengumpulkan statistik media sosial, dan lainnya dapat dilakukan secara otomatis menggunakan solusi RPA," jelas Jip Ivan.

Misalnya, Jip Ivan mencontohkan, mengirimkan e-mail ke banyak vendor yang secara manual menghabiskan waktu 10 menit, dengan RPA dapat dilakukan hanya dalam waktu 10 detik. Mengompilasi pesan dan data yang jika dilakukan secara konvensional membutuhkan waktu 20 menit, dengan RPA hanya 10 detik.

Director Enterprise Application Services Business Multipolar Technology; Elen, menambahkan, bukan hanya sistem aplikasi internal perusahaan yang harus diintegrasikan, dengan ekosistem industrinya pun demikian. Perusahaan fintech, perbankan, atau lainnya kalau mau beroperasi lama harus terintegrasi dengan ekosistemnya. "Pengintegrasian itulah yang dipermudah oleh solusi IBM Cloud Pak for Integration."

Menurut Elen, Cloud Pak for Integration adalah platform integrasi hybrid yang mendukung berbagai model integrasi secara komprehensif dan terpadu. Oleh sebab itu, agar mampu memenuhi tuntutan pelanggan yang semakin kompleks sekaligus menekan biaya operasional dan mendongkrak return on invetment (ROI), memanfaatkan tiga solusi yang ditawarkan oleh Multipolar Technology tersebut merupakan jawaban yang tepat.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image