Trik Bagi Generasi Millenial Agar Dapat Kemudahan Pembiayaan Beli Rumah

Tips  
Beli rumah/ilustrasi. (foto: pixabay)
Beli rumah/ilustrasi. (foto: pixabay)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa pengembangan pembiayaan perumahan pada 2023 akan menyasar tiga kelompok, yakni masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) informal, masyarakat perkotaan, serta generasi milenial. Generasi milenial atau masyarakat berpenghasilan tanggung, tidak bisa mendapatkan subsidi tapi juga tidak mampu mencicil untuk mendapatkan hunian pribadi.

Hal ini mungkin bisa dibantu oleh sektor perbankan untuk secara kreatif bisa menyediakan produk pembiayaan kredit kepemilikan rumah (KPR) bagi milenial dengan jangka waktu lebih panjang dan disesuaikan dengan housing career dari milenial tersebut.

Kementerian PUPR melalui Analis Kebijakan Subdirektorat Kemudahan dan Bantuan Direktorat Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan DJPI Ratna Indriani, pada awal Juni 2023, membagikan tips dan trik bagi generasi milenial untuk mendapatkan kemudahan pembiayaan perumahan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Pertama

Pahami kebutuhannya. Jika generasi muda mau membeli rumah, maka bisa menggunakan program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Untuk pembangunan atau kepemilikan bisa memilih Tapera sehingga harus menjadi anggota program Tapera.

- Kedua

Generasi milenial perlu mengenali kondisi keuangan, seperti apakah penghasilan sesuai kriteria masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), penghasilan bersifat tetap atau tidak tetap, memiliki kemampuan mengangsur, jumlah tabungan yang dimiliki cukup untuk uang muka rumah, dan tidak memiliki utang sebelum KPR.

- Ketiga

Generasi milenial harus memilih rumah bersubsidi yang berkualitas dengan mengecek pengembangan perumahan apakah telah terdaftar di Sistem Informasi Registrasi Pengembang atau Sireng, rumah telah teridentifikasi dalam Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang), harga jual sesuai dengan batasan yang ditetapkan pemerintah, dan mengecek lokasi serta fisik rumah subsidi.

- Keempat

Mempelajari persyaratan dan menyiapkan dokumen.

- Kelima

Memilih bank pelaksana, seperti bank pelaksana merupakan bank yang melayani pembiayaan perumahan, bank pelaksana sudah bekerja sama dalam program pemerintah seperti FLPP dan Tapera, serta mengkaji biaya-biaya yang harus dibayarkan.

- Keenam

Bagi kaum milenial untuk mendapatkan kemudahan pembiayaan perumahan, bisa mendaftar antrean dengan melakukan registrasi di aplikasi Sistem informasi KPR Subsidi Perumahan (Sikasep) atau Sistem Informasi Tapera (Sitara), mengunggah persyaratan dokumen, menunggu hasil verifikasi, dan melakukan akad kredit.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image