Ponsel Lemot karena Virus? Ini Solusinya!

Tips  
Ilustrasi Virus Komputer. (Gambar: https://diskominfo.badungkab.go.id/artikel/18206-mengenal-virus-komputer)
Ilustrasi Virus Komputer. (Gambar: https://diskominfo.badungkab.go.id/artikel/18206-mengenal-virus-komputer)

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup.

Ada banyak aplikasi antivirus yang tersedia untuk smartphone atau ponsel pintar. Beberapa yang terkenal antara lain Avast, AVG, Bitdefender, McAfee, dan Kaspersky. Pasang aplikasi antivirus yang terpercaya dan lakukan pemindaian secara teratur untuk mendeteksi dan menghapus virus atau malware yang mungkin ada di ponsel Anda. Selalu perbarui antivirus dengan definisi virus terbaru agar perlindungannya efektif.

Jika ponsel Anda terkena virus, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya. Berikut adalah beberapa langkah umum yang mungkin berguna terkait dengan penanganan ponsel yang terkena virus .

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Hapus aplikasi yang mencurigakan

Periksa daftar aplikasi yang terinstal di ponsel Anda dan hapus aplikasi yang tidak dikenal atau mencurigakan. Biasanya, virus masuk ke ponsel melalui aplikasi yang tidak terpercaya. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya atau tidak resmi. Selalu unduh aplikasi dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store.

Baca ulasan pengguna dan peringkat aplikasi sebelum menginstalnya. Pastikan aplikasi tersebut memiliki reputasi baik.

2. Nonaktifkan izin yang mencurigakan

Periksa izin yang diminta oleh aplikasi sebelum menginstalnya. Jika aplikasi meminta izin yang tidak relevan dengan fungsinya, pertimbangkan untuk tidak menginstalnya.

Telusuri pengaturan ponsel Anda dan periksa izin yang diberikan kepada aplikasi. Jika ada izin yang mencurigakan, nonaktifkan atau batasi izin tersebut. Misalnya, jika sebuah aplikasi memiliki izin untuk mengakses pesan teks atau kontak Anda tanpa alasan yang jelas, itu bisa menjadi tanda adanya masalah.

Selain virus, ponsel juga rentan terhadap serangan phishing dan spam. Hindari mengklik tautan yang mencurigakan dalam pesan teks, email, atau aplikasi pesan instan. Jangan membagikan informasi pribadi atau rahasia melalui pesan yang tidak terverifikasi.

3. Perbarui perangkat lunak

Pastikan perangkat lunak ponsel Anda, termasuk sistem operasi dan aplikasi, diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan seringkali mencakup perbaikan keamanan yang dapat melindungi ponsel dari serangan virus yang diketahui. Pastikan ponsel Anda diperbarui dengan pembaruan keamanan terbaru dan perangkat lunak antivirus yang terkini.

Selanjutnya...

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image