Tips Berbelanja Online Supaya tak Alami Kekecewaan

Tips  
Tips berbelanja online/ilustrasi. (Foto: republika.co.id)
Tips berbelanja online/ilustrasi. (Foto: republika.co.id)

Ketika berbelanja online, seringkali pembeli mengalami zonk hingga kecewa berat. Entah barang yang diterima tidak sesuai dengan gambarnya, ukurannya kekecilan, atau masalah lainnya.

Mengantisipasi masalah tersebut, Founder GabaG, Gabriella Rayana Lengkong, pada Jumat, 29 September 2023, menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengalaman berbelanja online tetap aman, efisien, sesuai kebutuhan, dan yang terpenting tak mengecewakan. Berikut beberapa tips dari Gabriella demi membantu saat calon pembeli berbelanja online.

1. Riset produk

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam rangka memenuhi kebutuhan atau perlengkapan untuk menyusui misalnya, berbelanja online dapat menjadi pilihan yang praktis bagi para ibu. Dalam hal ini disarankan untuk melakukan riset tentang produk-produk yang diperlukan, seperti pompa ASI, kantong ASI, cooler bag, atau aksesori lainnya.

Baca ulasan dari pengguna sebelumnya untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang kualitas dan kecocokan produk.

2. Bandingkan harga

Bandingkan harga produk di berbagai situs web atau platform e-commerce. Jangan lupa memeriksa diskon atau penawaran khusus yang mungkin sedang berlangsung.

3. Baca deskripsi dengan teliti

Pastikan bisa membaca deskripsi produk secara rinci, termasuk ukuran, bahan, fitur, dan kelengkapan yang disertakan. Pastikan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan.

4. Pilih produk yang sudah terpercaya

Terkadang, harga yang murah memang menggoda yang menggiurkan, ya. Tapi, hati-hati, karena hal yang paling penting justru memerhatikan penjual atau toko online yang terpercaya dan memiliki ulasan positif. Hindari penjual yang tampak mencurigakan dengan menawarkan harga yang sangat murah, apalagi memiliki banyak ulasan negatif.

5. Periksa kebijakan pengembalian

Pastikan memahami kebijakan pengembalian barang dari situs web atau penjual. Ini penting jika perlu mengembalikan atau menukar barang yang tidak sesuai atau rusak.

6. Manfaatkan dalam program diskon

Beberapa situs web e-commerce menawarkan program diskon atau penghargaan bagi pelanggan tetap. Mungkin kita bisa menghemat lebih banyak dengan berlangganan newsletter atau program loyalitas.

7. Baca syarat dan ketentuan

Teliti syarat dan ketentuan transaksi, termasuk biaya pengiriman, waktu pengiriman dan pajak yang mungkin dikenakan. Juga, periksa apakah ada garansi atau jaminan untuk produk tersebut.

Jika diperlukan, jangan lupa simpan bukti transaksi dan konfirmasi pembelian, unboxing atau buat video rekaman saat membuka kemasan produk baru untuk membuktikan produk yang diterima sudah sesuai atau belum. Upaya ini bisa membantu jika ada masalah dengan pesanan nantinya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image