Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Dana Pensiun, Mana yang Seharusnya Didahulukan?

Tips  
Menyiapkan dana pendidikan dan dana pensiun. (Foto: republika.co.id)
Menyiapkan dana pendidikan dan dana pensiun. (Foto: republika.co.id)

Dana pendidikan dan dana pensiun menjadi dua hal yang perlu dipersiapkan dengan matang. Biaya pendidikan yang tinggi serta kebutuhan hidup yang tetap ada setelah pensiun membuat kedua dana tersebut harus disiapkan sedini mungkin.

Keduanya penting dan membutuhkan dana yang besar. Lantas, mana yang harus didahulukan dan bagaimana mempersiapkannya? Berikut tips dari Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Krizia Maulana, pada pertengahan Oktober 2023, ini untuk menyiapkan dana pendidikan sekaligus dana pensiun.

1. Isi penuh pos dana darurat

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dana darurat harus tetap menjadi pos yang diutamakan sebelum mempersiapkan dana pendidikan dan dana pensiun. Dana darurat bisa digunakan ketika dana yang sudah disiapkan untuk pendidikan ternyata tidak mencukupi.

Hal seperti ini tidak seharusnya terjadi jika persiapan dana pendidikan sudah memperhitungkan faktor inflasi. Namun, jika terpaksa, sebaiknya ambil dari pos dana darurat.

Seringkali orang tua menggunakan dana pensiun untuk membiayai pendidikan anak. Krizia sangat tidak menyarankan hal itu karena akan mengorbankan kesejahteraan orang tua di masa depan.

Hal tersebut juga bisa menambah beban keuangan anak dalam menanggung kebutuhan orang tua di usia lanjut kelak. Oleh karena itu, mengisi penuh pos dana darurat menjadi keharusan bagi setiap rumah tangga agar pengeluaran tak terduga tidak mengganggu pos keuangan lainnya.

Selanjutnya...

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image