Kaisar Keturunan Dewa, Inilah Kisah Kaisar Jimmu Pendiri Negara Jepang

Serba Serbi  
Domain Publik: Kaisar Jimmu
Domain Publik: Kaisar Jimmu

Kaisar Jimmu adalah kaisar Jepang yang pertama dan pendiri mitos dinasti kekaisaran. Kekaisaran Yamato diperkirakan berdiri sekitar abad ke-3 hingga abad ke-4 Masehi, dan sejarawan memperkirakan Kaisar Jimmu tidak berasal dari sebelum Masehi.

Walaupun demikian, tradisi di luar bidang ilmu menetapkan Kaisar Jimmu naik takhta di tahun 660 SM dan berkuasa selama 75 tahun sebelum wafat di usia 126 tahun pada 585 SM.

Kaisar legendaris itu lahir di Kojiki pada hari pertama bulan pertama, 660 Sebelum Masehi. Tanggal Kaisar Jimmu naik tahta sekarang diperingati setiap 11 Februari sebagai Hari Pembentukan Negara dan sebelum Perang Dunia II peringatan ini disebut Kigensetsu (hari Kaisar Jimmu naik tahta).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setelah Jimmu, Kaisar Jepang penerusnya dipercaya sebagai keturunannya, bertahta dari tahun 1 bulan 1 hari 1 (bulan 2 hari 11 660 SM) hingga tahun 76 bulan 3 hari 11 era Kaisar Jimmu). Nama kaisar ini sama dengan nama kaisar Jepang pertama seperti dikisahkan dalam mitologi Jepang menurut Kojiki dan Nihon Shoki.

Menurut kepercayaan Shinto, Jimmu dianggap sebagai keturunan langsung dewi matahari, Amaterasu. Kaisar Jimmu dilahirkan dari ayah bernama Ugaya Fukiaezu, dan ibu bernama Tamayoribime. Amaterasu memiliki seorang putra bernama Ame no Oshihomimi no Mikoto. Dan melaluinya, lahir seorang cucu bernama Ninigi-no-Mikoto.

Sang dewi mengirim cucunya ke pulau-pulau Jepang di mana ia akhirnya menikah dengan Putri Konohana-Sakuya. Di antara ketiga putra mereka, ada Hikohohodemi no Mikoto yang menikah dengan Putri Toyotama.

Dia adalah putri dari Owatatsumi, dewa laut Jepang dan saudara dari Amaterasu.

Hikohohodemi no Mikoto memiliki seorang putra tunggal bernama Hikonagisa Takeugaya Fukiaezu no Mikoto. Anak laki-laki itu ditinggalkan oleh orang tuanya saat lahir.

Ia dibesarkan oleh Putri Tamayori, adik perempuan ibunya. Mereka akhirnya menikah dan memiliki total empat putra. Yang terakhir menjadi Kaisar Jepang Jimmu.

(Damar Pratama Yuwanto/berbagai sumber)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image