Kemilau Investasi Emas yang tak Pernah Pudar

Uang  
Investasi emas/ilustrasi. (foto: republika.co.id)
Investasi emas/ilustrasi. (foto: republika.co.id)

Harga emas dan minyak meroket menyusul memanasnya perang Israel vs pejuang Hamas. Begitu bunyi tagline berita di media massa pertengahan Oktober 2023. Harga emas di pasar spot pada perdagangan Senin (9/10/2023) misalnya, ditutup di posisi US$ 1.860,88 per troy ons. Harganya terbang 1,56%.

Harga tersebut juga menjadi tertinggi sejak 29 September 2023 atau enam hari perdagangan terakhir.

Penguatan kemarin juga memperpanjang harga emas yang pada akhir pekan lalu terbang 0,67%. Dengan demikian, harga emas sudah terbang 2,25% dalam dua hari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kenaikan harga emas saat itu juga menjadi yang tertinggi sejak 2 Mei 2023 di mana harga emas melonjak 1,72%. Emas masih menguat sampai hari ini 29 Oktober 2023.

Data menunjukkan harga emas memang akan selalu melambung setiap kali terjadi perang atau ketegangan politik. Pada tahun lalu, harga emas melambung hingga ke level US$ 2.000 setelah perang Rusia-Ukraina meledak.

Kenaikan harga emas di tengah perang atau konflik politik biasanya adalah imbas dari para investor yang mengalihkan investasinya pada investasi safe heaven seperti emas.

Sebagai sebuah instrumen investasi, emas memang bisa dibilang relatif aman dan mudah dilakukan.

Emas sendiri bukanlah instrumen investasi baru di Indonesia. Sejak dulu, logam berharga ini telah menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan harta kekayaan. Orang-orang berbondong-bondong menyimpan emas, baik berbentuk emas batangan ataupun dalam rupa perhiasan.

Selanjutnya...

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image