Jalan Kaki: Mudah, Murah, Kaya Manfaat

Serba Serbi  
Olahraga jalan kaki/ilustrasi. (Foto: pixabay)
Olahraga jalan kaki/ilustrasi. (Foto: pixabay)

Belakangan berjalan kaki tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Aktivitas olahraga ini bisa dibilang merupakan aktivitas fisik yang paling mudah dan murah dilakukan. Mulai dari anak-anak hingga lansia bisa melakukannya

Walau sangat sederhana, berjalan kaki menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, fisik maupun mental. Dengan berjalan kaki selama 30 menit tubuh akan membakar kalori antara 77 -192 kalori tergantung pada kecepatan langkah dan medan yang dilalui.

Presiden dan kepala petugas sains dari American Council on Exercise Cedric Bryant mengatakan, jalan kaki pasti dapat membantu membakar kalori. "Ini adalah latihan aerobik berdampak rendah yang memungkinkan seseorang mengeluarkan energi dan membakar kalori," ujarnya, dilansir dari Today.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Beberapa orang merekomendasikan jalan kaki sebagai bentuk latihan karena kesederhanaan dan aksesibilitasnya. Jika menggunakan jalan kaki sebagai latihan untuk membantu menurunkan berat badan, Bryant merekomendasikan berjalan kaki setiap hari selama 45-60 menit per hari. Sementara jalan kaki sekitar 15-30 menit lebih lama dari pedoman dasar untuk kesehatan dan kesejahteraan umum, yaitu 30 menit aktivitas sehari hampir setiap hari dalam seminggu.

Tak hanya membakar kalori, rutin berjalan kaki juga bisa mencegah tubuh dari terkena berbagai jenis penyakit. Selain itu berjalan kaki bisa menjadi salah satu pilihan bagi yang ingin memulai hidup sehat.

Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

Ada berbagai pilihan yang bisa dilakukan untuk memulai olahraga dengan berbagai jenis olahraga ringan, salah satunya dengan jalan kaki. Olahraga ini tidak membutuhkan banyak peralatan khusus, yang diperlukan hanya pakaian dan sepatu yang nyaman untuk digunakan berjalan kaki.

Memperkuat Fisik Tubuh

Rutin berjalan kaki setiap hari bisa memperkuat fisik tubuh. Olahraga ini bisa meningkatkan kekuatan otot paha, betis, hingga seluruh bagian kaki. Terlebih bila dilakukan di medan yang menanjak dan menurun.

Menghindari Penyakit Kronis

American Diabetes Association mengatakan dengan rutin berjalan kaki dapat menurunkan kadar gula darah dan menghindari risiko diabetes. Hasil penelitian dalam American College of Cardiology mengatakan 1000 langkah yang dilakukan setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

Penelitian yang ditulis dalam The New England Journal of Medicine, jalan kaki juga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 30 persen. Penelitian ini dilakukan pada orang yang rutin berjalan kaki dan tidak.

Meningkatkan Sistem Imun

Rutin berjalan kaki bisa menurunkan risiko penyakit flu atau demam ringan. Hal ini terjadi karena berjalan kaki dapat membantu kamu untuk meningkatkan imun tubuh sehingga tubuh tidak mudah terpapar virus atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Meningkatkan Energi

Jika merasa lelah, tidak ada salahnya untuk mencoba berjalan kaki mengelilingi halaman rumah atau lokasi lain yang menarik. Jalan kaki dinilai mampu meningkatkan energi lebih optimal dibandingkan dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Saat berjalan kaki, hal ini juga bisa meningkatkan hormon yang membantu mengoptimalkan energi, seperti kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Bahkan dengan berjalan kaki, kegiatan ini membantu meningkatkan peredaran oksigen dalam tubuh.

Meningkatkan Suasana Hati

Bukan hanya kesehatan fisik, berjalan kaki juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Melansir dari The Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry, berjalan kaki mampu menurunkan rasa cemas, depresi, hingga suasana hati yang buruk.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image