Plus Minus Plafon Rumah Tinggi

Tips  
Plafon rumah tinggi/ilustrasi (foto: republika.co.id)
Plafon rumah tinggi/ilustrasi (foto: republika.co.id)

Tempat tinggal dengan plafon rumah yang tinggi sering menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan ketika memilih hunian. Selain dianggap lebih terlihat mewah, plafon tinggi mampu membuat ruangan terasa lebih besar dan megah.

Pandangan tersebut tidak sepenuhnya salah karena memang plafon rumah yang tinggi memberi banyak kelebihan terutama bagi rumah yang berada di iklim tropis. Hal ini tentu berbeda untuk hunian yang berada di iklim yang lebih dingin.

Tidak semua rumah di seluruh dunia memiliki standar tinggi langit-langit yang sama. Menurut Chris Fry seorang arsitek Pro Vision, standar plafon untuk bangunan domestik adalah tidak kurang dari 2,4 meter. Namun ada pula yang berpendapat jika tinggi langit-langit rumah ideal harus disesuaikan dengan iklim di tiap negara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk rumah di daerah dingin, plafon rumah akan dibuat lebih pendek karena mampu menangkap panas sehingga menghemat energi. Sementara itu, aturan tinggi langit-langit rumah ideal di daerah tropis sebaliknya. Dibutuhkan plafon yang tinggi agar sirkulasi udara lebih lancar sehingga udara panas tidak terperangkap di dalam rumah.

Di Indonesia, rata-rata rumah memiliki jarak antara lantai dengan plafon sekitar 2,8-3,2 meter dan 2,4-2,5 meter untuk hunian di daerah yang lebih dingin. Namun tinggi langit-langit rumah ideal juga perlu disesuaikan lagi di tiap ruangan, misalnya untuk ruang tamu dan ruang makan yang menampung banyak orang, plafon dibuat lebih tinggi sekitar 3 meter.

Rumah dengan plafon yang tinggi memang terlihat menarik secara desain dan terkesan lebih artistik. Tapi tidak hanya itu, inilah beberapa keuntungan lain dari menerapkan tinggi langit-langit rumah ideal:

1. Rumah Lebih Sejuk

Plafon atap yang tinggi memungkinkan lebih banyak udara yang masuk sehingga sirkulasinya juga lebih baik. Hasilnya ruangan jadi terasa lebih dingin dan cocok untuk tempat tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Dengan menerapkan plafon yang tinggi, Anda hanya perlu memasang kipas angin sentral di ruang tamu.

2. Intensitas Cahaya Lebih Tinggi

Rumah dengan plafon tinggi biasanya akan disandingkan dengan jendela berukuran besar agar seimbang. Kombinasi ini akan membuat cahaya alami lebih mudah masuk dan ruangan terasa lebih cerah. Sinar matahari pagi yang masuk sangat baik bagi tubuh dan mood seseorang terlebih jika Anda sering bekerja dari rumah.

3. Menambah Nilai Rumah

Secara estetika rumah dengan plafon yang tinggi memang terlihat lebih mewah apalagi jika dihias dengan lampu gantung. Tidak hanya itu jika dijual kembali, langit-langit rumah yang tinggi bisa jadi poin plus karena sirkulasi udara lebih lancar dan rumah jadi sejuk.

4. Ruangan Terasa Lebih Besar

Meskipun ruangan tidak terlalu besar, langit-langit rumah yang tinggi mampu menciptakan ilusi mata seolah terasa lebih luas. Dengan pemilihan warna serta dekorasi yang tepat, ruangan jadi lebih nyaman bagi keluarga.

Kekurangan Tinggi Langit-Langit Rumah Ideal

1. Biaya Pembangunan Besar

Siapkan dana yang lebih banyak ketika menginginkan langit-langit rumah yang tinggi. Selain karena membutuhkan material yang lebih banyak, konstruksi plafon tinggi juga membutuhkan keahlian ekstra dan perhitungan yang cermat agar hasilnya sesuai keinginan. Jadi sebelum mulai membangun, cari tahu dan konsultasikan dulu dengan kontraktor mengenai biayanya.

2. Perlu Perawatan Ekstra

Dinding dan plafon rumah perlu dibersihkan juga sudah banyak debu dan sarang laba-laba yang menempel. Namun karena langit-langit yang tinggi, Anda harus menyiapkan alat pembersih yang mampu menjangkau sudutnya. Hati-hati karena tangan dan leher Anda pasti pegal karena harus terus menengadah ke atas.

Belum lagi ketika harus mengganti lampu bohlam. plafon yang tinggi pasti akan lebih menyulitkan proses pergantian bohlam lampu.

3. Menghasilkan Gema

Terakhir, kekurangan ruangan dengan plafon tinggi adalah menciptakan suara yang lebih bergema dan bising. Misalnya saja ketika sedang menonton tv atau memainkan alat musik, suaranya akan terdengar kencang sekali karena gelombangnya merambat lewat ruang yang terbuka. Jika tinggal di lingkungan padat penduduk, pastikan hal ini tidak akan mengganggu tetangga atau pasang peredam untuk menahan suara.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image