Kisah Heroik Qi Jiguang, Jenderal Dinasti Ming yang Mempermalukan Bajak Laut Jepang

Serba Serbi  
Jenderal Dinasti Ming, Qi Jiguang. (Foto: wikipedia)
Jenderal Dinasti Ming, Qi Jiguang. (Foto: wikipedia)

Qi Jiguang lahir di Luqiao, Shandong dari keluarga bertradisi militer. Qi Jiguang lahir pada 12 November 1528 dan meninggal pada Januari 1588, pada masa pemerintahan Kaisar Jiajing dari Dinasti Ming (Zhu Houcong) yang terobsesi dengan Taoisme.

Qi Jiguang adalah jenderal dan pahlawan nasional Tiongkok (Cina) semasa Dinasti Ming. Qi Jiguang terkenal karena kepahlawanannya melawan bajak laut Jepang di pesisir timur Tiongkok, juga karena jasanya memperkuat pertahanan Tembok Besar.

Pada masa hidup Qi Jiguang kaisar banyak menghabiskan waktunya dalam mencari cara untuk hidup abadi dan seorang yang gila harta. Hampir semua urusan administrasi negara, termasuk urusan militer ditangani oleh perdana mentrinya, Yan Song, salah satu pejabat terkorup dalam sejarah Tiongkok. Setiap tahunnya, seperenam dari anggaran militer dimasukkan ke kantongnya sendiri. Akibatnya proyek-proyek militer banyak yang terhambat dan desersi merajarela.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada umur 22 tahun, Qi Jiguang pergi ke ibu kota dan mengikuti ujian militer kerajaan. Saat itu suku Mongol yang telah terusir dari daratan Tiongkok berusaha merebut kembali kekuasaan, dipimpin oleh Aitan Khan mereka menembus perbatasan utara dan mengepung Beijing. Para peserta ujian kemiliteran dikerahkan untuk mempertahankan ibu kota. Dalam kesempatan itulah Qi mempertunjukan keberanian dan keahlian militernya yang mengakibatkan mundurnya tentara Mongol kembali ke utara.

Tahun 1553, Qi dipromosikan sebagai asisten komisaris militer regional Shandong untuk menahan serangan bajak laut Jepang. Bajak laut wako pernah menyita dokumen resmi seperti penghitungan Dinasti Ming (1368-1644 M) yang dibuat untuk menunjukkan bahwa kapal itu adalah pedagang atau pengangkut upeti yang sah.

Selanjutnya...

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image