Dua Negara Republik Ini Sudah Ada di Indonesia, Sebelum Republik Indonesia Didirikan

Serba Serbi  
Republik Lanfang/ilustrasi. (Foto: tangkapan layar youtube basaroh)
Republik Lanfang/ilustrasi. (Foto: tangkapan layar youtube basaroh)

Selain berbagai kesultanan dan kerajaan, sebenarnya wilayah Indonesia di masa lalu (Nusantara) pernah memiliki Pemerintahan Republik Pertama sebelum Republik Indonesia berdiri pada 17 Agustus 1945, yaitu Republik Depok di Jawa Barat dan Republik Lanfang di Kalimantan Barat.

Berikut dua negara republik yang pernah berdiri di wilayah Nusantara sebelum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdiri:

1. Republik Depok

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Republik Depok merupakan negara buatan mantan budak pribumi merdeka terdidik penguasa tanah partikelir Belanda milik Cornelis Chestelin yang memerdekakan mereka.

Depok pada abad ke-18 merupakan daerah administratif yang memiliki gemeente bestuur alias pemerintahan sipil. Penguasa pertama Depok bernama Cornelis Chastelein. Pria kelahiran Amsterdam, Belanda (10 Agustus 1657-28 Juni 1714) ini dapat dikatakan sebagai pendiri Depok pada 18 Mei 1693, setelah menguasai seluruhnya tanah di daerah itu.

De Eerste Protestantse Organisatie van Kristenen (bahasa Indonesia: Organisasi Pertama bagi Kristen Protestan, akronim: Depok) adalah sebuah desa otonom yang diberi status setingkat republik di Hindia Belanda. Penduduk yang mendiami wilayah Depok disebut sebagai "Kaoem Depok" atau "Belanda Depok".

Gagasan ini dicetuskan oleh pengacara asal Batavia, R. H. Kleijn pada 1871 dengan nama "Gemeente Depok". Konsep tersebut benar-benar dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 1913.

G Jonathans adalah presiden Republik Depok yang terakhir karena pada 4 Agustus 1952 pemerintah Indonesia mengambil alih seluruh tanah partikelir Depok. Kecuali gereja, sekolah, balai pertemuan, dan lahan pemakaman, semuanya diambil alih dikuasai pemerintah dengan kompensasi ganti rugi sebesar Rp 229.261,26.

2. Republik Lanfang

Republik Lan Fang (Kongsie Lanfang) adalah nama sebuah negara Hakka (salah satu kelompok Tionghoa Han yang terbesar di Republik Rakyat Tiongkok)

Sejak tahun 1777 hingga 1884 Republik Lan Fang didirikan oleh Low Fang Pak atau kadang disebut Luo Fangbo, dan sudah berdiri di Kalimantan Barat tepatnya di Kota Mandor, Kabupaten Landak tidak jauh dari Pontianak (kini ibukota proinsi Kalimantan Barat), sampai akhirnya dibubarkan oleh Belanda pada tahun 1884, jauh sebelum Republik Indonesia berdiri.

Selanjutnya...

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image