Sebelum Raup Dolar, Jangan Lupa Pilih Salah Satu dari 10 Sistem Pembayaran Online Terpopuler Ini

Tips  
Sistem Pembayaran Online (foto: pixabay)
Sistem Pembayaran Online (foto: pixabay)

Bagi pemula yang menekuni bisnis online atau yang mengejar uang dolar AS dari aplikasi dan situs internasional tentu memendam pertanyaan, bagaimana uang-uang hasil pembayaran atau transaksi dari luar negeri akan bisa masuk ke kantong? pertanyaan seperti itu juga kerap muncul dari para pemula asal Indonesia.

Jawabannya, tak perlu khawatir. Kini telah banyak situs yang menyediakan sistem pembayaran online. Selain lebih praktis, dengan sistem pembayaran online tersebut pengguna bisa memproses transaksi dana dari luar negeri dengan mudah dan cepat hingga sampai ke rekening masing-masing.

1. PayPal

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

PayPal bisa disebut sebagai sistem layanan pembayaran online paling populer di seluruh dunia dan sudah ada sejak lama, yakni sejak 1998 silam. Bisa dibilang sebagai yang paling senior dari sistem pembayaran online yang ada pada saat ini.

Di Indonesia pengguna PayPal juga sangat banyak. Tim Cari Cuan pun sudah menggunakan PayPal sejak 2010. PayPal mendukung pencairan dana dari akun PayPal ke bank lokal Indonesia. Dalam prosesnya PayPal sangat cepat dan mudah diterima oleh berbagai pengguna maupun perusahaan.

2. Payoneer

Payoneer adalah opsi terbaik pengganti PayPal. Payoneer sangat banyak digunakan terutama oleh blogger, freelancer, dan marketer afiliasi yang ingin menerima uang dari negara lain. Sama seperti PayPal, Payoneer juga dapat digunakan untuk menerima atau mengirim pembayaran dari berbagai negara manapun.

Payoneer menawarkan dua cara berbeda untuk menggunakan dana yang diterima. Bisa melalui transfer bank lokal atau transfer global atau kartu kredit Payoneer reloadable. Ada juga opsi untuk mentransfer jumlah saldo ke pengguna Payoneer lainnya. Untuk menarik dana dalam akun Payoneer juga sangat mudah karena terdapat kartu Payoneer yang bisa digunakan di berbagai ATM dengan logo Mastercard.

3. Skrill

Bisa dibilang Skrill adalah salah satu pesaing terkuat PayPal saat ini. Skrill mulai terkenal saat bisa digunakan di berbagai pembayaran. Pencairan dana di Skrill juga terbilang gampang. Pengguna bisa langsung transfer ke MasterCard berlogo Skrill untuk bisa digunakan secara offline maupun online.

Skrill menawarkan biaya transaksi yang cukup kompetitif. Skrill sebelumnya lebih dikenal sebagai Moneybookers, yakni platform untuk mengirim dan menerima uang dan berbelanja secara online. Dengan menggunakan platform ini, pengguna dapat mengirim uang ke email ID yang termasuk pengguna Skrill lainnya. Selain itu, penerimanya bisa menarik uang melalui kartu debit, kartu kredit, atau rekening bank. Hal yang menarik dari Skrill adalah Skrill mengizinkan penarikan instan ke rekening penerima.

Biaya Skrill relatif rendah dan tersedia secara global di lebih dari 200 negara dengan 40 mata uang berbeda. Skrill juga terbukti sebagai sistem pembayaran online yang aman dan mudah digunakan.

4. Stripe

Stripe adalah cara lain yang mudah untuk menerima pembayaran karena kemudahan untuk penerimaan dan pembayaran. Stripe menerima berbagai metode pembayaran termasuk kartu seperti Visa, MasterCard, American Express, dan JCB. Selain itu, Stripe bisa memproses transaksi dengan berbagai jenis mata uang, ada sekitar 100 mata uang telah mendukung untuk sistem pembayaran online Stripe.

Stripe merupakan sistem pembayaran online yang cukup populer di kalangan web developer. Biaya transaksi yang dikenakan oleh Stripe yaitu sebesar 2,9 persen plus $0.30 per transaksi. Tidak ada biaya bulanan maupun biaya setup untuk Stripe.

5. Venmo

Venmo memiliki tampilan seperti gabungan antara dompet digital dan timeline media sosial. Venmo membuat pembayaran online lebih ramah untuk pengguna. Uniknya, pengguna bisa menambah komentar atau catatan ke pengguna Venmo lainnya layaknya media sosial.

Saat pengguna menggirim uang menggunakan Venmo balance, akun bank, kartu debit, atau kartu prabayar lainnya, pengguna tidak akan dikenakan biaya transaksi. Sementara untuk kartu kredit, dikenakan biaya tiga persen.

6. Amazon Payments

Amazon merilis sistem pembayaran online sejak tahun 2008 silam. Dengan menggunakan Amazon Payments, pengguna bisa login dan melakukan pembelian di ribuan situs dan aplikasi tanpa takut data kartu kredit tercuri.

7. Google Pay

Google Pay membuat pembayaran menjadi lebih mudah. Salah satu keunggulan dari Google Pay adalah bisa mengirim uang ke orang lain hanya dengan alamat email ataupun nomor telepon, meski orang tersebut tidak menggunakan Google Pay.

Salah satu kelebihan Google Pay dibandingkan dengan sistem pembayaran online lainnya yaitu mengingat bahwa jutaan pengguna internet sudah menggunakan Google untuk layanan yang lain, maka transaksi pembayaran lewat Google Pay menjadi lebih mudah.

Biaya yang dikenakan oleh Google Pay bervariasi, tergantung volume transaksinya. Jika total transaksi per bulannya kurang dari $3.000, biaya yang dikenakan yaitu 2,9 persen plus $0,30. Semakin besar volume transaksi per bulannya maka persentase biaya transaksi akan semakin turun.

8. 2Checkout

Situs ini membuka layanan rekening bersama yang akan menjembatani pembayaran pengguna. Metode pembayaran dengan 2Checkout bisa menggunakan kartu kredit, cek, dan PayPal. Bila pengguna ingin membuka toko atau berbelanja secara online, 2Checkout bisa menjadi pilihantepat.

9. Dwolla

Dwolla termasuk pesaing langsung dari PayPal. Dwolla merupakan opsi pembayaran yang bertindak sebagai on-ramp ke jaringan Automated Clearing House (ACH) dengan beberapa manfaat luar biasa, misalnya, pengguna dapat mentransfer dana melalui e-mail, telepon, Facebook, LinkedIn, atau Twitter.

ACH adalah lembaga yang menyelenggarakan kliring antarbank secara elektronik, otomasi, semiotomasi, atau manual untuk pesertanya yang pada umumnya adalah bank umum. Untuk bisnis, pengguna bisa mengintegrasikan rekening bank ke transfer rekening sebagai bagian dari pembayaran tersebut.

10. ACH Payments

ACH Payments mempunyai keunggulan yaitu mampu menangani pembayaran dengan sistem Automated Clearing House (ACH) dan bisa digunakan sebagai payroll system. Instruksi pembayaran yang dikliringkan dapat berupa cek, bilyet giro, nota kredit, atau debet dan warkat penerimaan atau pengiriman transfer. Pembayaran melalui ACH biasanya dilakukan untuk jumlah besar atau pembayaran berkala.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image