Ini 7 Pesepak Bola Terkaya Sejagat, Ronaldo Paling Tajir Kantongi Rp 6,448 Triliun

Gaya Hidup  
Cristiano Ronaldo menjadi pesepak bola terkaya di dunia (foto: republika.co.id)
Cristiano Ronaldo menjadi pesepak bola terkaya di dunia (foto: republika.co.id)

Sepak bola bisa dibilang sebagai olahraga paling populer di dunia. Wajar bila perputaran uang di olahraga ini begitu besar dan melibatkan banyak orang serta koorporasi global.

Adapun pesepak bola menjadi ikon dari olahraga si kulit bundar. Ini membuat sejumlah atlet sepak bola tak hanya merumput namun juga menjadi bintang iklan.

Sudah menjadi rahasia umum pesepak bola apalagi yang ngetop di dunia, banyak yang memiliki kekayaan melimpah hasil dari kontrak klub dan sponsor. Berikut tujuh pemain sepak bola dan mantan pesepak bola terkaya di dunia dilansir dari Sportskeeda dan Forbes, Januari 2022 ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Cristiano Ronaldo (Kekayaan bersih 450 juta dolar AS atau Rp 6,448 triliun)

Ronaldo adalah ikon olahraga paling populer di planet ini. Meski usianya sudah 36 tahun, pesona bintang Manchester United dan Portugal itu tetap tidak pudar. Ronaldo punya klinik transplantasi rambut di Spanyol dan Portugal yang disebut Insparya. Ia juga memiliki kontrak dengan Nike serta berkolaborasi dengan sejumlah merek ternama seperti Herbalife, Armani, Clear Shampoo, dan Unilever. Ia juga menjadi merek sekaligus pemilik hotel mewah di Portugal, Amerika Serikat, dan Spanyol. Wajar bila ia menjadi pesepak bola terkaya di dunia saat ini.

2. David Beckham (Kekayaan bersih 450 juta dolar atau Rp 6,448 triliun)

David Beckham (foto: Republika)
David Beckham (foto: Republika)

Meski sudah gantung sepatu dari sepak bola profesional, namun pesona Beckham masih menarik perhatian banyak orang. Sosoknya sangat dikenal di olahraga ini. Popularitasnya yang luar biasa berasal dari kemampuannya dalam bermain bola dan ketampanannya. Beckham adalah pemain paling laris di tahun 2000-an. Ia juga seorang pebisnis. Ia berinvestasi di berbagai sektor seperti makanan dan minuman, fashion, televisi, hingga hiburan termasuk olahraga. Ia pemilik klub sepak bola Inter Miami. Ia juga memiliki kerja sama dengan H&M. Jam tangan tudor, wiski Haig Club, Breitling, Sainsbury’s, Armani, Gilette, AIA Group, Adidas, dan Pepsi Co merupakan merek besar yang pernah berkolaborasi dengannya.

3. Lionel Messi (Kekayaan bersih 400 juta dolar AS atau Rp 5,732 triliun)

Lionel Messi (foto: Republika).
Lionel Messi (foto: Republika).

Messi, rival Cristiano Ronaldo ini juga masuk dalam lima daftar pesepak bola terkaya di dunia. Pemain internasional Argentina ini juga ikon sepak bola paling terkenal bersama Ronaldo. Ia meraih penghargaan pemain terbaik dunia (Ballon d’Or) tujuh kali. Menurut Forbes, Messi menghasilkan 165 juta dolar AS per tahun dari gaji dan insentif di klub. Ia juga mengembangkan bisnis sendiri dengan mendirikan lini bisnis pakaiannya, The Messi Store pada 2019. Bintang Paris Saint-Germain (PSG) tersebut terikat kontrak seumur hidup dengan Adidas. Pemain 34 tahun ini dikagumi di seluruh dunia. Namun cukup mengejutkan karena ia bukan pesepak bola terkaya nomor satu di dunia.

4. Dave Whelan (Kekayaan bersih 220 juta dolar AS atau Rp 3,151 triliun)

Dave Whelan (foto: Republika).
Dave Whelan (foto: Republika).

Mantan pesepak bola dan pengusaha Inggris Dave Whelan salah satu orang terkaya. Ia pernah bermain untuk Blackburn Rovers dan Crewe Alexandra selama karier profesionalnya dan bermain antara 1956-1966. Tak lama setelah pensiun, ia membuka beberapa supermarket yang disebut Toko Diskon Whelan. Ia kemudian menjualnya dengan harga lebih dari 1 juta dolar AS. Ia kemudian membeli toko olahraga dan memancing bernama JJB. Ia lalu mengubahnya menjadi pengecer terbesar kedua di seluruh Inggris. Ia kemudian menjual sahamnya di perusahaan itu pada 2007. Whelan terkenal saat menjadi pemilik Wigan Athletic setelah membelinya pada 1995.

5. Alexandre Pato (Kekayaan bersih 145 juta dolar AS atau RP 2,076 triliun)

Alexandre Pato (foto: Republika).
Alexandre Pato (foto: Republika).

Pato mungkin gagal mencapai puncak kariernya di sepak bola. Mantan pemain timnas Brasil ini sekarang bersama klub MLS Orlando City dan memasuki masa akhir kariernya. Namun di luar lapangan, Pato sangat sukses. Kekayaan luar biasa Pato dilaporkan berasal dari investasi, kepemilikan properti, dan kerja sama dengan produk kosmetik CoverGirl. Ia juga memiliki restoran burger di Brasil bernama ‘Fat Pato Burger’, lini mode bernama Alexandre Pato Seduction, dan merek vodka bernama Wonderpato-Brazil.

6. Wayne Rooney (Kekayaan bersih 145 juta dolar AS atau Rp 2,076 triliun).

Wayne Rooney (foto: Republika).
Wayne Rooney (foto: Republika).

Rooney telah pensiun sebagai pesepak bola. Namun kekayaan mantan bintang Manchester United ini masih terjaga berkat konsistensinya saat membela Manchester United, Everton, DC United, hingga Derby County. Ia dan istrinya, Coleen McLoughlin, dikenal piawai dalam berbisnis.

7. Gareth Bale (Kekayaan bersih 125 juta dolar AS atau Rp 1,790 triliun).

Gareth Bale (foto: Republika).
Gareth Bale (foto: Republika).

Bale yang juga bintang Real Madrid dan timnas Wales ini termasuk pemain dengan gaji tertinggi di Madrid selama beberapa musim. Bale juga memiliki sejumlah bisnis di bidang kuliner, golf, dan properti. Para sponsor juga kerap melirik Bale, misalnya NBC, Electronics Arts (EA), BT Sport, hingga Adidas.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

email: caricuan.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image