Fitur Anyar di Direct Message Twitter Dinilai Potensi Buat Masalah Baru

Medsos  
Twitter sedang menjajaki fitur direct message (DM) baru (foto: pixabay).
Twitter sedang menjajaki fitur direct message (DM) baru (foto: pixabay).

Media sosial (medsos) Twitter sedang menjajaki cara baru untuk mengirim direct message (DM) di platform iOS agar pengguna bisa mengirim pesan langsung melalui tautan di cuitan seseorang. Hal ini berarti pengguna bisa melewati tombol DM di profil yang selama ini dipakai untuk mengirim direct message.

Dilansir The Verge, Senin, 7 Februari 2022, Twitter menyatakan fitur terbaru itu akan mempermudahkan memulai percakapan dari linimasa pengguna. Namun, fitur baru tersebut belum akan diterapkan di platform berbasis android.

Sayangnya, tak semua pengguna di medsos senang dengan fitur terbaru itu. Alasan penolakannya lantaran Twitter menawarkan pintasan DM lewat cuitan pengguna sehingga membuat pengguna lebih rentan terhadap pelecahan atau serangan lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apalagi, sulit untuk melihat siapa sebenarnya yang akan diuntungkan oleh fitur ini. Teman dekat mungkin ingin cara cepat untuk saling mengirim DM, tetapi sebagian besar orang merasa nyaman mengunjungi profil Twitter teman untuk mengirimi pesan atau sekadar melanjutkan percakapan yang ada dari tombol DM di profil.

Memberi kesempatan pengguna lain jalan pintas ke pesan pribadi seseorang berpotensi membuat masalah baru. Twitter sudah paham bahwa DM yang jahat bisa menjadi masalah. Itulah sebabnya Twitter meluncurkan fitur pada tahun 2019 yang secara otomatis menyaring DM yang dianggap kasar dan tak pantas.

Pada 2020 lalu, Twitter meluncurkan tab pop-up bergaya messenger di web yang dinilai lebih baik dan berguna. Itu tidak seperti rencana fitur baru DM ini yang dinilai memberi pengguna lain akses jalan pintas untuk mengirim DM sebagai tanggapan langsung terhadap sebuah cuitan.

Jika tombol DM baru ini keluar dari fase pengujian, belum jelas apakah akan ada opsi bagi pengguna untuk menonaktifkan fitur tersebut demi alasan keamanan dan privasi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image