Asus ExpertBook B5, Laptop Super Ringan yang Diklaim Dukung Aktivitas Berbisnis

Gaya Hidup  
Laptop Asus ExpertBook B5 (foto: Asus Indonesia).
Laptop Asus ExpertBook B5 (foto: Asus Indonesia).

Asus Indonesia memperkenalkan ExpertBook B5 Flip, sebuah laptop ringkas, ringan, dan hadir dalam desain convertible yang sangat fleksibel untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis sejak September 2021 lalu. Asus ExpertBook B5 menawarkan solusi menunjang aktivitas mobile dan produktivitas bisnis secara bersamaan.

Laptop terbaru dari segmen bisnis ini menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke-11 dengan grafis Iris Xe dan terverifikasi Intel Evo sehingga menawarkan kinerja, efisiensi, dan konektivitas terbaik.

Terdapat dua model dari Asus ExpertBook B5, yakni model yang dapat diputar hingga 180 derajat dan model yang mengusung desain flip sehingga dapat diputar 360 derajat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Asus ExpertBook B5 memiliki bobot yang sangat ringan, yakni sekitar satu kilogram. Sedangkan dari segi tampilan, perangkat tersebut memiliki layar berukuran 13,3 inci dengan bingkai tipis, serta didukung panel OLED yang memiliki resolusi Full HD dan anti silau.

Asus ExpertBook B5 mengusung RAM DDR4 300Mhz berkapasitas hingga 48 GB dan penyimpanan dua SSD M.2 NVMe PCIe 3.0x4 masing-masing berkapasitas 1 TB, dua kali lebih besar dari laptop bisnis pada umumnya.

Dari segi baterai, Asus ExpertBook B5 diklaim memiliki daya tahan hingga 14 jam dan didukung teknologi fast charging yang memungkinkan pengisian daya hingga 60 persen dalam pengisian daya selama 39 menit. Berkat teknologi Panel Self-Refresh, konsumsi daya oleh layar di laptop ini dapat dikurangi secara signifikan. Fitur tersebut sangat penting dalam mendukung kegiatan para pebisnis yang semakin dinamis.

 Asus ExpertBook B5 (foto: Asus Indonesia).
Asus ExpertBook B5 (foto: Asus Indonesia).

Pada Asus ExpertBook B5 juga terdapat teknologi Redundant Array of Independent Disks (RAID) untuk kinerja superior dan keamanan data yang lebih baik.

Perangkat tersebut juga didukung fitur IT Management mencakup Trusted Platform Module 2.0 dan ASUS Control Center, serta Data & Identify Security yang meliputi sensor fingerprint, Windows Hello Facial Recognition, BIOS/HDD Password, USB Storage Block, Secure File Shredder, dan Webcam Privacy Shield. Selain itu, terdapat pula Hardware Protection berupa Kensington Security Slot dan Asus PrivateView.

Dari segi ketahanan, Asus ExpertBook B5 sudah memiliki sertifikasi US Military Grade MIL-STD 810H sehingga teruji memiliki daya tahan yang tinggi, meskipun berada di suhu atau lingkungan yang ekstrem maupun jatuh dari ketinggian tertentu.

Untuk konektivitas, laptop terbaru Asus tersebut mengandalkan Wi-Fi 6, USB 3.2, HDMI 2.0b, micro HDMI, 3.5mm Combo Audio Jack, dan 2x Thunderbolt 4. Sementara untuk kamera, terdapat kamera webcam 720p HD, dilengkapi 3D teknologi noise-reduction (3DNR) yang dapat menghilangkan noise hingga 23 persen sehingga meningkatkan kualitas gambar tanpa mengurangi detail dan eksposur.

FA Engineer Lead Asus Indonesia Rifan Fernando mengatakan, Asus ExpertBook B5 menawarkan solusi tengah, yakni laptop untuk dapat menunjang aktivitas mobile dan produktivitas bisnis secara bersamaan.

"Market komersial sekarang sudah bertransformasi. Dulu, mereka jarang mendapatkan informasi terkait fitur mutakhir yang ada. Berbeda dengan sekarang, mereka lebih update dengan fitur terbaru dan menuntut hal itu untuk ada di produk baru," ujar Rifan saat virtual media gathering, belum lama ini.

Untuk itu, Asus terus menyempurnakan produk-produk komersial dengan berbagai fitur. Asus ExpertBook B5 ini diharapkan menjadi solusi tengah, yakni untuk aktivitas mobile dan untuk produktivitas. Pengguna juga ditawarkan mendapat fitur-fitur komersial, sekaligus fitur-fitur terbaru.

Meski laptop terbaru Asus ini bisa dibilang bagus, tapi logo Asus-nya bisa dikatakan kurang menjual. Seharusnya Asus menyiapkan logo berbeda yang terkesan lebih bergengsi untuk laptop khusus seri bisnis, seperti laptop merek HP dan Lenovo.

Sejauh ini, Asus ExpertBook B5 hadir dengan warna star black. Perangkat ini tersedia dengan harga mulai Rp 15.771.000, sudah beserta garansi selama tiga tahun.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image