GoPay, OVO, Dana, dan Dompet Digital Lokal Lain yang Ngetop dan Layak Dikoleksi

Uang  
Transaksi menggunakan salah satu e-wallet di Indonesia/ilustrasi (foto: pixabay).
Transaksi menggunakan salah satu e-wallet di Indonesia/ilustrasi (foto: pixabay).

Layanan pembayaran nontunai dengan menggunakan perangkat ponsel atau mobile payment semakin populer seiring meningkatnya pemakaian smartphone alias ponsel pintar dalam lima tahun terakhir di Indonesia. Apalagi, kini kian banyak pilihan aplikasi e-wallet tanpa harus memakai kartu untuk memudahkan bertransaksi.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI), sudah ada sekitar 38 e-wallet yang mendapatkan lisensi resmi. Diprediksi transaksi e-wallet di Indonesia pada 2023 akan mencapai 25 miliar dolar AS atau sekitar Rp 385,3 triliun.

E-Wallet mulai berkembang pesat seiring semakin banyaknya startup fintech di Indonesia. Bahkan, belakangan ini pemerintah turut menerbitkan peraturan legalitas kegiatan transaksi dengan menggunakan uang elektronik agar semakin mudah untuk melakukan proses adaptasi teknologi di zaman digital.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

E-Wallet alias dompet digital bisa diartikan sebagai suatu layanan elektronik yang berfungsi untuk menyimpan data dan instrumen pembayaran. Antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan juga uang elektronik, menampung dana, dan juga melakukan pembayaran.

E-Wallet pun bisa berwujud suatu program software atau aplikasi atau bahkan suatu layanan jasa yang dibuat guna menyimpan uang digital dan juga melakukan kegiatan transaksi secara online bagi setiap penggunanya.

Berikut sembilan e-wallet lokal ngetop dan terpercaya seperti yang dirangkum tim Cari Cuan dari berbagai sumber.

1. GoPay

GoJek tak hanya sukses di layanan transportasi online melainkan juga sukses dengan layanan e-walletnya, yakni GoPay. Bahkan GoPay sudah mengantongi izin resmi dari Bank Indonesia (BI) sebagai dompet digital yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi digital.

Jenis transaksi digital yang disediakan mulai dari transportasi online, pemesanan makanan, pengisian pulsa, pembayaran tagihan, hingga jasa pengiriman. Pengguna bisa melakukan top-up dengan beberapa metode sekaligus, seperti internet banking, mobile banking, hingga ATM.

2. Dana

Dana semakin melambung di kalangan masyarakat untuk transaksi digital. Terlebih lagi, dompet digital yang satu ini sudah mengantongi izin dari pihak Bank Indonesia (BI) sebagai lembaga keuangan digital.

Aplikasi ini juga mempunyai keunggulan tersendiri sebab sudah terhubung dengan data dari pihak Kependudukan dan Catatan Sipil. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk berbagai hal, dari belanja online hingga pembayaran tagihan rumah tangga seperti pulsa dan PLN.

3. OVO

Dompet digital OVO dimiliki oleh Grab. Tak heran, jika pengguna menginstal aplikasi OVO, maka saldonya secara otomatis akan masuk ke dalam Grab Pay milik si pengguna.

OVO menguasai lebih dari 70 persen pusat belanja di Indonesia, seperti bioskop, kafe, hingga supermarket. Sama halnya dengan GoPay, e-wallet ini juga punya beragam pilihan untuk top-up.

Pengguna bisa mengisinya melalui internet banking, ATM, hingga mobile banking. Banyak fitur yang terdapat di aplikasi OVO, mulai dari transfer antarbank, pembayaran transaksi e-commerce, hingga transportasi online.

4. LinkAja

Aplikasi LinkAja adalah salah satu produk dari Bank Mandiri. LinkAja merupakan produk e-wallet dari sinergi beberapa perusahaan Indonesia, yaitu HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara, termasuk Bank Mandiri), Telkomsel, dan Pertamina.

Aplikasi ini salah satu pioneer dari e-wallet yang ada di Indonesia. LinkAja juga mempunyai beragam fitur yang memudahkan transaksi digital, mulai dari pembayaran tagihan hingga belanja online.

5. iSaku

Dompet digital yang satu ini kerap digunakan untuk memudahkan transaksi di Indomaret agar semakin mudah. Dengan demkian, pengguna hanya perlu mengisi saldo iSaku jika ingin berbelanja di Indomaret.

iSaku juga menggunakan sistem rewards berupa poin setelah melakukan transaksi. Nantinya, poin-poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai promo yang ada di Indomaret.

Tak hanya itu, e-wallet ini juga sudah dilengkapi berbagai fitur untuk berbelanja online, transfer, hingga tarik tunai.

6. JakOne Mobile

Ini adalah aplikasi layanan keuangan yang terdiri dari mobile banking dan mobile wallet. Pengguna bisa menggunakannya untuk melakukan transaksi digital sehari-hari dari dalam rumah. Mulai dari pembayaran tagihan, mobile banking, hingga berbelanja online.

Produk keluaran Bank DKI ini dapat digunakan baik di smartphone dengan sistem iOS 7 maupun Android.

7. Octo Go Mobile

Aplikasi dompet digital yang satu ini mungkin masih belum terlalu ngetop bagi sebagian orang. Namun, siapa sangka kalau produk dari Bank CIMB Niaga ini punya banyak kelebihan.

Terdapat banyak sekali fitur yang bisa digunakan oleh setiap penggunanya, seperti melakukan pembayaran token listrik, membeli pulsa, top-up ke e-Wallet, serta melakukan transfer uang ke para pengguna lainnya.

Tak hanya memudahkan transaksi digital, e-wallet yang satu ini juga terjamin keamanannya. Sebab dilengkapi dengan sistem keamanan finger print dan face lock. Pengguna juga hanya bisa log-in di satu perangkat. Pengguna juga bisa mendaftar aplikasi secara langsung tanpa harus datang ke bank terlebih dahulu.

8. Doku

Alternatif lainnya dompet digital untuk warga Indonesia adalah Doku. Sama seperti produk lainnya, pengguna bisa bertansaksi digital dengan mudah. Mulai dari bayar tagihan bulanan, beli pulsa, hingga belanja online.

Tak perlu khawatir soal keamanan dan privasi data, sebab Doku menggunakan sistem keamanan ganda. Pengguna bisa mengunci e-wallet ini dengan menambahkan password dan PIN.

9. Sakuku

Sakuku merupakan e-wallet yang dimiliki oleh Bank Central Asia (BCA). Dompet digital ini cukup besar karena mayoritas perusahaan di Indonesia cenderung menggunakan BCA untuk membayar gaji karyawannya.

Karena itu, Bank BCA kemudian merilis aplikasi Sakuku untuk mempermudah transaksi digital. Aplikasi ini terbagi menjadi dua jenis, yakni Sakuku dan Sakuku Plus.

Perbedaannya terdapat dari jumlah maksimal saldo yang dapat disimpan di dalamnya.

Itulah sembilan e-wallet lokal yang populer di Indonesia. Tentu, namanya produk buatan manusia, e-wallet tetap memiliki kelebihan dan juga kekurangannya tersendiri. Jadi, untuk setiap individu, merchant, atau bisnis yang menyediakan pembayaran e-wallet sebaiknya tetap bijak dan hati-hati dalam menggunakannya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image