6 Langkah Mudah Menghemat Baterai pada Ponsel

Tips  
Langkah mudah menghemat baterai pada ponsel agar tak sering nge-charge/ilustrasi (foto: pixabay).
Langkah mudah menghemat baterai pada ponsel agar tak sering nge-charge/ilustrasi (foto: pixabay).

Sebagian besar smartphone alias ponsel pintar yang beredar di pasar menjanjikan kapasitas baterai yang besar, apalagi ponsel-ponsel terbaru yang dirilis pada 2022 ini. Namun sering kali pengguna tetap harus mengisi ulang baterai kurang dari 24 jam.

Penyebabnya beragam. Mulai dari layar, aplikasi, hingga kualitas ponsel itu sendiri. Karena itu, meski sebuah ponsel punya kapasitas baterai besar, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pengguna supaya baterai lebih awet digunakan seharian.

Berikut tips dari Poco (seri smartphone sub-brand dari Xiaomi) tentang menghemat durasi pemakaian baterai ponsel.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Atur layar

Semakin cerah layar, semakin banyak pula daya baterai yang dikonsumsi. Layar merupakan komponen yang paling banyak mengonsumsi daya.

Nyalakan fitur kecerahan adaptif supaya tingkat kecerahan bisa menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan di sekitar. Selain itu, pilih durasi kunci layar otomatis yang paling cepat, biasanya 15 detik begitu ponsel tak digunakan.

2. Matikan aplikasi setelah dipakai

Membiarkan aplikasi terbuka di latar belakang (background) membuat baterai ponsel bekerja lebih banyak, bahkan hingga membuat kinerja ponsel melambat.

3. Matikan fitur yang tidak digunakan

Semakin canggih ponsel, semakin banyak fitur yang ditawarkan. Fitur yang tak digunakan namun tetap dinyalakan seringkali berdampak pada konsumsi daya baterai. Ketika tak digunakan, sebaiknya fitur-fitur tersebut dimatikan. Fitur yang cukup memakan daya antara lain jaringan seluler, lokasi (GPS), dan bluetooth.

Jaringan seluler biasanya lebih banyak mengonsumsi daya baterai dibandingkan WiFi. Jika berada di wilayah yang tak terjangkau layanan seluler, baterai akan lebih cepat habis karena ponsel terus bekerja mencari sinyal. Sebaiknya gunakan mode pesawat atau airplane mode dalam kondisi ini.

Selain konektivitas, mode getar juga menyedot baterai. Ketika fitur ini diaktifkan, kerja perangkat bertambah untuk menyalakan alat penggerak supaya menghasilkan getaran.

4. Gunakan internet seperlunya

Jaringan seluler mengonsumsi banyak daya baterai dibandingkan WiFi. Untuk itu, gunakan internet secara bijak. Jika memiliki sambungan ke WiFi yang terpercaya sebaiknya itu yang harus digunakan. Selain menghemat baterai, menggunakan WiFi juga bisa menghemat kuota data.

5. Batasi lokasi dan data

Matikan lokasi ketika tidak digunakan karena fitur ini juga salah satu yang membuat baterai ponsel menjadi boros.

6. Mode hemat baterai

Terakhir, jangan lupa menyalakan mode hemat baterai karena secara otomatis bisa mematikan aplikasi yang masih bekerja di latar belakang. Mode hemat baterai juga akan mematikan fitur dan aplikasi yang memakan banyak daya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image