Instagram Bisa Digunakan untuk Hal Positif dan Produktif Bagi Kaum Hawa

Medsos  
Perempuan pengguna Instagram/ilustrasi. (foto: pixabay).
Perempuan pengguna Instagram/ilustrasi. (foto: pixabay).

Platform media sosial (medsos) Instagram membagikan tips bagi pengguna, terutama perempuan, agar mendapatkan pengalaman yang positif dan produktif di medsos bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia. Instagram pada Kamis, 10 Maret 2022, mengingatkan ada sejumlah fitur dan pengaturan di platform yang bisa dipakai agar pengguna tidak terganggu konten negatif.

Fitur membatasi (limit) bisa digunakan untuk menyembunyikan komentar atau pesan pribadi ke direct massage (DM) yang mengandung perundungan dari akun lain yang tidak mengikuti pengguna. Jika masih terganggu, pengguna bisa memilih fitur memblokir agar akun yang mengganggu tak bisa menghubungi lagi.

Fitur "Kata" bisa digunakan untuk menyaring permintaan DM yang mengandung kata, frasa, dan emoji bermuatan pelecehan, kebencian, dan penipuan. Jika menggunakan fitur ini, pengguna tidak akan melihat DM tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Instagram menyadari terlalu sering terekspose dunia maya bisa mengganggu produktivitas seseorang sehingga pengguna butuh istirahat sejenak. Platform tersebut memperkenalkan fitur "Take a break" atau pengingat untuk istirahat agar pengguna bisa membuat keputusan berapa banyak waktu yang ingin dihabiskan di Instagram. Instagram akan memberi notifikasi jika pengguna sudah melebihi waktu yang diatur.

Instagram bekerja sama dengan Plan Indonesia saat ini mengampanyekan BystanderTukRuangAman, advokasi keamanan, dan kenyamanan kaum hawa alias perempuan di dunia maya. Melalui kampanye ini, Instagram mengajak pengguna untuk ikut intervensi ketika terjadi kekerasan di dunia maya, terutama kepada anak-anak perempuan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image