Baru Merintis Usaha Kecil? Ini 5 Tips Kelola Keuangan Biar Usaha Nggak Bangkrut

Tips  
Pemilik usaha kecil harus cermat dalam tata kelola keuangan/ilustrasi (foto: republika.co.id).
Pemilik usaha kecil harus cermat dalam tata kelola keuangan/ilustrasi (foto: republika.co.id).

Model usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) belakangan ini banyak diminati masyarakat sebagai sumber penghasilan. Pemilik usaha kecil biasanya juga merintis bisnisnya dari modal sendiri, sebelum akhirnya merambah ke permodalan melalui perbankan atau investor saat akan menambah aset atau membuka cabang baru.

Agar sebuah usaha kecil yang dirintis bisa bertahan dan berkembang, pemilik usaha harus cermat dalam tata kelola keuangan. Tanpa pengaturan yang sesuai, usaha kecil yang dirintis akan terhambat untuk maju bahkan terancam gulung tikar. Membangun disiplin dalam mengelola dan memantau arus keuangan menjadi kunci bagi pelaku usaha kecil agar bisnis berjalan sesuai harapan.

Berikut lima tips mengelola keuangan bagi usaha kecil yang dirangkum oleh Head of Financial Services Zilingo Indonesia, Okky Octavianto, Kamis, 24 Maret 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Keuangan usaha dan pribadi harus dipisahkan

Salah satu siasat untuk memisahkan keuangan usaha dan keuangan pribadi adalah dengan membuat rekening berbeda untuk keduanya. Ini untuk mencegah kebingungan saat transaksi bisnis mulai berjalan.

2. Rencanakan anggaran dan target usaha

Perencanaan anggaran secara terperinci membantu memilih prioritas pembelanjaan wajib dan pembelanjaan yang bisa ditunda. Ini untuk mencegah pemilik usaha menggebu-gebu di awal bisnis, tapi kehabisan modal pada akhirnya akibat tidak memiliki prioritas pembelanjaan.

3. Pencatatan cash flow dengan memanfaatkan teknologi

Pemilik usaha bisa menggunakan aplikasi digital pencatatan cash flow guna menghindari kesalahan jika pencatatan dilakukan manual.

4. Sisihkan keuntungan usaha

Kelola keuntungan usaha menjadi dana darurat usaha, tabungan modal untuk pengembangan usaha, dan penghasilan pemilik usaha.

5. Evaluasi pengelolaan keuangan setidaknya satu bulan sekali

Evaluasi pengelolaan keuangan akan menghindarkan dari kendala-kendala selanjutnya saat mengelola usaha kecil.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image