Ini Cara Efektif Merawat Mobil untuk Hindari Masalah Saat Cuaca Panas

Tips  
Tips menjaga mobil dari cuaca panas/ilustrasi. (foto: pixabay)
Tips menjaga mobil dari cuaca panas/ilustrasi. (foto: pixabay)

Dalam beberapa hari terakhir, hampir seluruh wilayah Indonesia mengalami cuaca ekstrem panas di siang hari. Suhu udara tinggi tentu mempengaruhi performa kendaraan, bahkan dapat memicu kebakaran jika diabaikan.

Serangan hawa panas dikhawatirkan dapat mengganggu performa kendaraan, terlebih bagi yang baru saja melakukan perjalanan mudik Lebaran yang berat. Oleh karena itu, perhatikan kondisi komponen mobil supaya dapat bertahan di tengah suhu udara panas untuk menunjang mobilitas.

Auto2000 melalui Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara dalam keterangan tertulisnya, awal pekan ini, membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk merawat mobil di tengah serangan hawa panas yang terjadi belakangan ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Pertama

Memeriksa komponen pendingin mesin. Dalam beroperasi, mesin membutuhkan sistem pendingin yang baik supaya dapat bekerja dengan optimal dan tahan lama.

Suhu mesin yang terlalu tinggi akan membuat kinerjanya turun, bahkan dapat memicu overheat yang berbahaya bila dibiarkan karena akan membuat mesin jebol.

Serangan hawa panas membuat suhu lingkungan semakin tinggi dan membuat proses pendinginan mesin semakin berat, khususnya ketika tidak ada hembusan udara dingin dari depan saat jalan macet.

Solusinya, pastikan sistem pendingin mesin berfungsi optimal. Mulai dari memeriksa volume cairan pendingin, pastikan tidak ada kebocoran, tutup radiator aman, dan kipas pendingin bekerja dengan baik.

- Kedua

Cek kondisi oli mesin. Fungsi lain dari oli adalah menyerap panas dari mesin dan melepaskannya ke bak penampungan oli.

Selain itu, kerja komponen mesin juga akan semakin berat karena suhu mesin yang meningkat sehingga membutuhkan pelumas yang prima. Pastikan oli mesin dalam kondisi terbaik dengan menggantinya secara berkala.

Pastikan AC mobil berfungsi optimal. Kabin mobil yang panas dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi yang berbahaya dan membuat pengemudi mudah emosi karena merasa tidak nyaman.

Pastikan sistem pendingin kabin mobil berfungsi baik dan segera bawa mobil ke bengkel jika tingkat kesejukannya turun. Bersihkan filter kabin supaya udara sirkulasi AC tetap bersih untuk mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image