Langkah Nyata Great Eastern Life Indonesia Kurangi Polusi Udara Lewat Penanaman Mangrove

Serba Serbi  
Seremonial penanaman Blue Carbon Package dari Great Eastern Life Indonesia di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, 24/08/2023. (Foto: Great Eastern Life Indonesia)
Seremonial penanaman Blue Carbon Package dari Great Eastern Life Indonesia di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, 24/08/2023. (Foto: Great Eastern Life Indonesia)

Great Eastern Life Indonesia menyoroti isu perubahan iklim akibat pemanasan global yang telah menjadi isu dunia yang memprihatinkan. Terlebih lagi, beberapa waktu belakangan, kualitas udara yang masuk kategori buruk di wilayah ibu kota DKI Jakarta telah menjadi sorotan.

Berdasarkan pengukuran Air Quality Index Visual Map di www.aqicn.org, salah satu acuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dalam memonitor kualitas udara, per 21 Agustus 2023 kualitas udara di DKI Jakarta dan sekitarnya memiliki skor rata-rata 139 dengan kategori pencemaran udara tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Di beberapa daerah di DKI Jakarta, seperti di Jakarta Barat, mendapatkan skor tertinggi 322 atau kategori berbahaya. Itu yang menyebabkan kondisi udara DKI Jakarta menjadi yang paling buruk dibandingkan dengan negara tetangga di Asia Tenggara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di sisi lain, laut memiliki ekosistem karbon biru yang punya peranan penting dalam menyerap panas dan mengurangi emisi karbon. Ekosistem karbon biru terdiri atas mangrove, padang lamun (seagrass), serta rumput laut (seaweed). Ketiganya dapat membantu mengatasi krisis iklim dengan menghasilkan kualitas udara bersih.

Sebagai perusahaan yang tumbuh di tengah-tengah lingkungan, Great Eastern Life Indonesia memiliki tanggung jawab sustainability yang salah satunya berfokus pada pilar lingkungan. Untuk itu, Great Eastern Life Indonesia berkolaborasi dengan Carbon Ethics —-sebuah organisasi yang berfokus pada restorasi karbon biru—- agar bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan memulihkan ekosistem karbon biru untuk keberlanjutan lingkungan.

Rangkaian kolaborasi dimulai dengan memberikan konten-konten edukasi lewat media sosial dan juga untuk karyawan Great Eastern Life Indonesia serta menyelenggarakan Instagram Live Reach for a Greener Tomorrow: Manfaat Hebat Ekosistem Karbon Biru untuk Lingkungan yang ditonton oleh lebih dari 863 audiens.

Sebagai wujud nyata, Great Eastern Life Indonesia juga turut menanam 115 Blue Carbon Package –-yang melambangkan usia hari jadi Great Eastern di Asia dan 27 Blue Carbon Package yang melambangkan usia hari jadi Great Eastern Life Indonesia. Blue Carbon Package terdiri atas 3 mangrove dan 1 seagrass.

Total 142 Blue Carbon Package telah ditanam di Desa Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. Seremonial penanamannya dilakukan pada 24 Agustus 2023 yang dihadiri oleh representasi Great Eastern Life Indonesia, Fauzi Arfan yang juga Direktur Keuangan Great Eastern Life Indonesia, serta para Great Ambassador, duta atau perwakilan dari departemen/divisi di Great Eastern Life Indonesia yang aktif menggiatkan upaya keberlanjutan (sustainability).

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image