Pertarungan Samurai Paling Legendaris dalam Sejarah Jepang, Sasaki Kojiro Vs Miyamoto Mushashi

Serba Serbi  
Pertarungan dua samurai. (Gambar: Domain Publik)
Pertarungan dua samurai. (Gambar: Domain Publik)

Sasaki Kojiro dan Miyamoto Musashi terlibat dalam salah satu duel bersejarah Jepang pada tahun 1612. Kedua pendekar pedang tersebut merupakan rival sengit pada saat itu. Ada beberapa kisah tentang cerita yang mengarah pada duel sebenarnya yang dianggap paling akurat adalah seperti ini.

Duel antara Sasaki Kojiro dan Miyamoto Musashi terjadi karena keduanya adalah samurai terkemuka pada masanya dan ingin membuktikan keunggulan dalam pertarungan satu lawan satu. Kojiro dianggap sebagai ahli pedang yang sangat terampil dan terkenal dengan jurus-jurusnya yang mematikan, sementara Musashi juga memiliki reputasi sebagai seorang samurai yang ulung dan memiliki keahlian unik dalam seni pedang.

Kojiro dan Musashi adalah rival dalam dunia samurai dan memiliki gaya bertarung yang sangat berbeda. Kojiro menggunakan pedang panjangnya untuk menyerang dengan gerakan-gerakan yang lincah dan mematikan, sementara Musashi menggunakan bokken-nya, yaitu pedang kayu, dengan keahlian dan kekuatan yang luar biasa.Keduanya ingin membuktikan superioritas mereka dan menegaskan reputasi mereka sebagai samurai terbaik. Mereka sepakat untuk mengadakan duel di pulau Ganryuu (sekarang dikenal sebagai Funa-jima) di Selat Kanmon dekat Shimonoseki sebagai tempat pertarungan yang adil dan terhormat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Duel dimulai dengan kedua pria berjaga-jaga sebagai bentuk penghormatan terhadap keterampilan satu sama lain dengan gaya dan teknik masing-masing. Namun pada akhirnya, hanya ada satu pemenang. Musashi telah memprovokasi Kojirō untuk melakukan serangan pertama. Miyamoto dengan cepat membalas dan berhasil mematahkan tulang rusuk kiri Kojirō dan menusuk paru-parunya, akhirnya membunuhnya. Karena peristiwa ini, Musashi mencapai kebangkitan spiritual dan meninggalkan duel mematikan di masa depan.

Miyamoto Musashi adalah seorang samurai terkenal dalam sejarah Jepang, dan pertarungannya dengan Sasaki Kojiro diabadikan melalui patung yang mengesankan. Sasaki Kojiro dikenal dengan pedang panjangnya yang terkenal, yang disebut Monohoshi Zao ("Laundry-Drying Pole"), sementara Musashi memiliki bokken (pedang kayu) yang juga terkenal, yang konon dipahat dari sebuah dayung. Bagaimana persisnya pertarungan itu terjadi tidak diketahui dengan jelas, karena terdapat banyak laporan yang saling bertentangan, dan kebenarannya sulit untuk ditentukan.

Miyamoto Musashi (宮本 武蔵, 1584–1645) juga dikenal dengan nama lainnya, Shinmen Takezō atau Miyamoto Bennosuke, atau nama Buddhanya Niten Dōraku. Dia adalah seorang pendekar pedang dan rōnin ahli yang dikenal karena banyak duelnya bahkan ketika dia masih sangat muda. Miyamoto Musashi adalah penulis Kitab Lima Lingkaran , tentang taktik, strategi, dan filosofi pertarungan pedang yang masih digunakan hingga saat ini. Ia juga mendirikan gaya Hyōhō Niten Ichi-ryū atau Niten-ryū yang populer karena teknik dua pedangnya.

Sasaki Kojiro, yang dikenal sebagai 'Iblis dari Provinsi Barat' adalah seorang ahli pedang yang lahir di prefektur Fukui. Dia mendapat julukan ini karena keahliannya menggunakan nodachi, karena pedang nodachi sering digambarkan sebagai sesuatu yang digunakan iblis. Legenda mengatakan bahwa Kojiro adalah pria yang sangat flamboyan. Ia cukup sering mengenakan pakaian aktor Kabuki yang membuatnya menonjol, meski pria dengan tingkat keahlian Kojiro tidak perlu khawatir dengan pendapat orang tentang pakaiannya.

Beberapa duelnya sebelum berperang melawan Miyamoto Musashi termasuk salah satu di mana ia bertarung melawan tiga pria berbeda yang bersenjatakan pedang, sementara satu-satunya yang ia gunakan adalah Tessen, atau kipas perang dengan jari-jari luarnya terbuat dari pelat besi. Tanpa pedang, dia mengalahkan mereka semua dengan kipasnya, yang menunjukkan bahwa dia adalah seorang pejuang yang terampil dengan lebih dari sekedar pedang.

Selain itu, ini juga menunjukkan keahliannya menggunakan pedang karena Anda harus tahu apa yang Anda lawan. Ada legenda lain di mana dia mengalahkan pamannya sendiri, dan tentu saja legenda di mana dia melawan Musashi. Sayangnya hanya itulah duel yang benar-benar diketahui detailnya.

Dia juga dikenal sebagai Ganryu, nama yang sama dengan gaya pedang yang akhirnya dia ciptakan. Ganryu berarti 'gaya rock besar', dan melibatkan penggunaan nodachi. Dia dikenal karena teknik tertentu yang disebut Tsubame Gaeshi, yang diterjemahkan menjadi “memotong burung layang-layang”. Burung walet bergerak sangat cepat dan tidak menentu, serta dapat berpindah arah dengan sangat cepat dari situlah nama teknik ini berasal. Kecepatan dia berpindah dari ayunan pertama ke ayunan berikutnya sangat cepat, yang cukup mengejutkan mengingat dia menggunakan pedang yang sangat panjang.

Selanjutnya...

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image