Libur Panjang di Depan Mata, Berikut Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Tips  
Liburan dengan pesawat terbang/ilustrasi. (Foto: republika.co.id)
Liburan dengan pesawat terbang/ilustrasi. (Foto: republika.co.id)

Tak terasa waktu sudah hampir di pengujung tahun. Dua bulan lagi tahun baru tiba yang juga berarti tibanya masa liburan panjang akhir tahun. Sudah tahu mau ke mana liburan nanti?

Ke mana pun liburan akan dihabiskan, mungkin sekarang adalah momen yang tepat untuk mulai menyiapkan rencana liburan akhir tahun nanti. Memilih waktu yang terbaik untuk memesan tiket pesawat dan hotel untuk liburan bisa memberi banyak manfaat bagi konsumen, mulai dari biaya yang lebih murah hingga ketersediaan pilihan yang menarik.

Berdasarkan data yang dihimpun, sepanjang 2022, Pegipegi merekomendasikan konsumen memesan tiket pada hari kerja, alih-alih akhir pekan. Harga tiket pesawat pada Senin-Jumat bisa lebih murah sekitar 3%-6% dibandingkan pada akhir pekan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika ingin naik pesawat, platform perjalanan daring itu menyarankan konsumen memesan tiket minimal lima hari sebelum keberangkatan. Memesan tiket sejak jauh hari diyakini bisa menghemat biaya 10%-25% dan menghindari harga naik tiba-tiba. Selain itu, konsumen juga bisa memilih penerbangan yang sesuai dengan keinginan.

Harga tiket pesawat cenderung lebih murah pada low season alias hari-hari biasa, dibandingkan saat peak season atau musim liburan.

Tiket pesawat pada Februari, September dan Oktober cenderung lebih murah 15%-30% dibandingkan bulan lain. Pemesanan hotel pun sebaiknya dilakukan 20 hari sebelum tanggal menginap supaya bisa hemat sekitar 10%. Jika terpaksa memesan mendadak, lakukan pada Minggu dan Senin, karena konsumen bisa mendapatkan harga 5%-10% lebih murah.

Pemesanan hotel mendadak cenderung mahal pada Jumat dan Sabtu. Sama seperti tiket pesawat, harga kamar hotel lebih murah pada low season, bisa 8%-10% lebih murah dibanding bulan lainnya. Musim nonliburan untuk pemesanan hotel biasanya berlangsung pada Juli, Agustus dan September. Berdasarkan data internal mereka, PegiPegi mencatat harga hotel di Yogyakarta bisa naik sampai 36% saat musim liburan.

Agar tak ragu dan bingung lagi, berikut adalah tips berburu tiket pesawat dan kamar hotel untuk liburan akhir tahun

1. Pesan jauh-jauh hari

Liburan akan bebas worry jika kita merencanakannya jauh-jauh hari. Hal yang sama juga berlaku saat membeli tiket pesawat dan booking kamar hotel. Alasannya adalah harga kemungkinan lebih mahal jika kita memesan tiket mepet dengan tanggal keberangkatan. "Merencanakan sekitar 3-6 bulan sebelumnya merupakan pilihan yang aman," kata general manager situs pemesanan tiket online Klook, Sarah Wan. "Itu akan memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan penawaran terbaik dan merencanakan ke depan

Bahkan menurut laporan Channel News Asia, memesan tiket pesawat pada momen yang tepat dapat menghemat hampir 25 persen. Terbang pada hari Selasa dan Kamis adalah pilihan yang murah, sedangkan akhir pekan antara Jumat dan Sabtu bisa sangat mahal.

Selanjutnya...

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image